Puluhan Karyawan Diskominfo Kota Yogya Mendadak Dites Urine, AdaApa?


Yogya (KMP) – Puluhan karyawan Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Yogyakarta mendadak ditest urine, Senin (21/8). Test urine yang baru pertama kali dilakukan merupakan kerjasama BNNK Kota Yogya serta Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

Kompol Sahrur D, Kasi Pemberantasan BNNK Kota Yogya mengungkapkan, test urine bagi karyawan Diskominfo dan Persandian merupakan lanjutan test terhadap karyawan Pemkot Yogyakarta yang telah dilakukan sejak Maret 2017. Namun test ini menjadi yang pertama dilakukan setelah Idul Fitri tahun ini.

“Test ini sudah sering dilakukan. Untuk karyawan Pemkot Yogya sudah kita mulai sejak Maret lalu. Dan test urine tahun 2017 in9 jadi kerjasama pertama dengan BNNK Kota Yogya. Ini sebagai pencegahan agar tidak ada Aparat Sipil Negara yang terlibat narkoba,” ucap Kompol Sahrur di sela kegiatan, Senin.

Ia menjelaskan, sejak periode Maret 2017, sebanyak 2.000 karyawan Pemkot Yogya telah menjalani test urine. Ia mengaku bersukur karena sejauh ini tidak satu pun karyawan yang terindikasi positif narkoba. Ia berharap, hasil test berikutnya tetap nihil.

“Sudah ada 2.000 karyawan Pemkot yang menjalani test urine sejak Maret lalu. Semua hasilnya negatif. Mudah-mudahan selanjutnya juga begitu. Tahun ini target kita 6.000 karyawan Pemkot semuanya menjalani test urine,” terangnya.

Ia menambahkan, jika nantinya ditemukan karyawan yang positif mengandung zat terlarang, maka akan ditindaklanjuti dengan proses rehabilitasi. Dengan begitu diharapkan karyawan yang positif tersebut bisa kembali sembuh dari ketergantungannya terhadap narkoba.

“Kami upayakan rehabilitasi dulu agar bisa kembali sembuh. Tapi kalau sudah berulang kali, mau tidak mau proses hukumnya jalan. Tapi prioritasnya tetap rehab dulu,” tegasnya.

Plt kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Yogya Tri Hastono mengatakan, instansinya baru pertama kali mengikuti test urine. Namun demikian, ia optimistis seluruh karyawan di instansinya negatif. “Ini pertama, semoga hasilnya semua negatif,” ucapnya. (KMP2) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Puluhan Karyawan Diskominfo Kota Yogya Mendadak Dites Urine, AdaApa?"

Posting Komentar