Punya Masalah Dengan Bau Kaki? Sabun Cakil Bisa Jadi Solusinya

Sleman (KMP) - Tiga mahasiswa FMIPA UNY membuat inovasi sabun anti bau dari kulit jeruk. Sabun yang diberi nama Cakil atau Cabun Cikil itu sengaja dibuat dengan memanfaatkan limbah kulit jeruk.

Para mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY tersebut ialah Riska Sri Hidayanti, Khoirul Bariyyah dan Eva Kurnia Sari. Dengan pembimbing dosen mereka Dyah Kurniawati MSc, inovasi tersebut tercipta.

"Cakil merupakan inovasi sabun kaki dengan kandungan kulit jeruk yang ekonomis serta berdesain menarik dan unik. Khasiat utamanya, untuk menghilangkan bau pada telapak kaki akibat dari kaki yang berkeringat," ujar Riska, Minggu (20/8).

Dikatakan Riska, bau tidak sedap dari kaki sebenarnya disebabkan produksi keringat yang banyak. Hal ini juga sering terjadi pada telapak tangan, wajah dan ketiak. Namun, bagian yang sering menjadi masalah dan mengganggu kegiatan sehari-hari adalah bagian telapak kaki. 

"Dengan produksi keringat yang berlebih, kaki yang tertutup dengan kaos kaki dan sepatu membuat kondisi telapak kaki sangat lembab. Sehingga bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri Actinimycetes yang membuat telapak kaki menjadi bau, dan lebih parahnya lagi dapat menyebabkan infeksi bakteri dan jamur pada kuku," jelasnya.

Riska menambahkan, kulit jeruk mereka gunakan sebagai bahan sabun karena mengandung asam nitrat yang dapat menetralkan keasaman pada kulit, terutama pada bagian telapak kaki. Dengan begitu dapat mengurangi bau pada kaki.

"Saat ini kami telah membuat sabun kulit jeruk berbentuk bunga matahari. Selain mengatasi masalah bau kaki, produk ini praktis dan mudah dibawa kemanapun, meningkatkan nilai ekonomis kulit buah jeruk, serta menambah variasi sabun baru," lanjutnya. (KMP-7)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Punya Masalah Dengan Bau Kaki? Sabun Cakil Bisa Jadi Solusinya"

Posting Komentar