Purwani, Pustakawan UGM Peraih Penghargaan Nasional


PUSTAKAWAN Fakultas Geografi UGM Purwani Istiani SIP MA dinyatakan sebagai penerima penghargaan tingkat nasional. Purwani dinobatkan sebagai pustakawan terbaik dalam pemilihan pustakawan berprestasi 2017.

Penghargaan yang diberikan setiap tahun ini merupakan bentuk apresiasi serta pengakuan bagi pustakawan yang menunjukkan kinerjanya sebagai mitra strategis dalam pembentukan masyarakat berpengetahuan.

"Kami menjalani kegiatan penjurian mulai dari seleksi pengetahuan kognitif lalu wawancara. Tapi sebelumnya kami sudah mengirimkan berkas dokumen pribadi dan prestasi-prestasi yang sudah dicapai," ujar Purwani, Senin (21/8).

Purwani meraih penghargaan ini berkat kontribusinya, baik bagi pelayanan perpustakaan di fakultas geografi maupun bagi masyarakat luas. Selain memberikan pelayanan terbaik dalam perpustakaan, ia juga aktif dalam pemberdayaan masyarakat, salah satunya dengan memberikan pelatihan bagi guru-guru di Kabupaten Bantul.

"Kriterianya memang lebih fokus pada kontribusi pustakawan bagi masyarakat yang dilayani, kemudian apa kontribusinya bagi masyarakat yang lebih luas. Kebetulan saya juga punya kegiatan memberikan pelatihan pada guru di Bantul bagaimana mengakses informasi online untuk guru di MGMP bidang geografi," jelasnya.

Sebelum menerima penghargaan tersebut, Purwani juga telah menerima beberapa penghargaan. Diantaranya, sebagai juara 2 pustakawan terbaik Provinsi DIY pada tahun 2007 serta sebagai pustakawan terbaik UGM tahun 2011. Baginya, setiap penghargaan menjadi bentuk apresiasi dan pengakuan terhadap profesi pustakawan yang terkadang masih dipandang sebelah mata. (KMP-7)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Purwani, Pustakawan UGM Peraih Penghargaan Nasional"

Posting Komentar