Rachmat Witoelar : Butuh Aksi Nyata Melawan Perubahan Iklim


Sleman (KMP) - Tidak ada seorang pun yang mampu menolak terjadinya perubahan iklim akibat pembangunan. Karena itu, yang terpenting ialah melakukan aksi nyata yang segera dikerjakan untuk melawan perubahan iklim.

Hal tersebut diungkapkan oleh mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar dalam Forum Pimpinan Pascasarjana (FORPIMPAS) se-Indonesia di UGM. Rachmat yang berbicara soal Ilmu Lingkungan dan Kebijakan menuju Pembangunan Berkelanjutan mencontohkan perubahan akibat pembangunan ialah gas rumah kaca.

"Kita seharusnya bisa menjaga kestabilan akibat gas rumah kaca dari pengaruh anthropogenic. Selain itu, kita juga perlu terus menjaga dan mengatur kenaikan suhu global di bawah 2 derajat dan upaya membatasi kenaikan suhu sampai 1,5 derajat," imbuhnya.

Menurut Rachmat, pada tahun 2030 mendatang, agenda di bidang lingkungan adalah melindungi bumi dari degradasi dengan melakukan sejumlah tindakan segera diantaranya menjawab soal perubahan iklim.

Pria yang saat ini menjadi Utusan Khusus Presiden Indonesia untuk Perubahan Iklim tersebut juga berharap makin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, demi masa depan bangsa dan dunia.

Sekolah Pascasarjana UGM selama 3 hari, 9-11 Agustus 2017 menjadi tuan rumah penyelenggaraan FORPIMPAS. Bersamaan itu, digelar pula The 9th International Graduate Students and Scholars Conference in Indonesia (IGSSCI) bertema "Sustaining The Planet: Call For Interdisciplinary Approaches And Engagement".

Wakil Ketua Panitia Dr Rr Paramitha Dyah Fitriasari mengatakan, FORPIMPAS merupakan kegiatan tahunan bagi pimpinan pascasarjana se-Indonesia. Pada FORPIMPAS ke-39 juga diskusikan berbagai kebijakan atau strategi untuk pengembangan pascasarjana PTN.

"Para pimpinan melakukan sharing pengalaman dalam pengelolaan kegiatan-kegiatan pascasarjana, baik yang bersifat akademik maupun non-akademik untuk penyelenggaraan program pascasarjana yang berkualitas dan berdaya saing," ujarnya. (KMP-7)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rachmat Witoelar : Butuh Aksi Nyata Melawan Perubahan Iklim"

Posting Komentar