Reresik Bebarengan, Wawali Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan


Yogya (KMP) – Gerakan “Reresik Bebarengan” kembali digulirkan Pemerintah kota Yogyakarta. Gerakan ini dimulai secara serentak di 14 kecamatan da 45 kelurahan di Kota Yogyakarta, Minggu (6/8). Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi memimpin langsung gerakan ini dari Ngampilan.

Selain sebagai persiaapan menyambut peringatah HUT Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia,  gerakan ini sekaligus untuk menggerakkan kembali masyarakat dan mendorong agar terus menjaga lingkungan. Terlebih, tak lama lagi akan datang musim penghujan.

Karena itu, Wawali ingin masyarakat memberikan atensi lebih pada semua hal yang berpotensi menimbulkan genangan air hujan dan menyumbat saluran. “Kami ingin semua gorong-gorong dan hal-hal yang berpotensi menimbulkan genangan diantisipasi sejak awal,” kata Heroe, Minggu.

Menurut Heroe, pembersihan gorong-gorong dan lingkungan melalui gerakan Reresik Bebarengan menjadi langkah awal untuk menggerakkan masyarakat dalaam membangun Kota Yogya. Menurutnya, ke depan pembangunan kota dilakukan dengan basis kebersamaan daan gotong royong.

“Itu inti kita semua. Jadi ini supaya kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar itu kita tingkatkan terus supaya kita bisa bersama sama menikamati kenyamanan Kota Yogyaikarta dan  lingkungan terdekat kita,” terangnya.

Ke depan, lanjut Heroe, Pemkot ingin membangun kebersamaan tidak hanya pada lingkup sosial, budaya tetapi juga lingkup ekonomi. Nantinya, lanjut dia, akan ada pengembangan ekonomi berbasis pada kebersamaan.

“Satu larisi warung warung tetangga. Itu harus kita sadarkan, kita gerakan. Kedua, mempekerjakan orang- orang sekitar. Kalau bisa pekerjakan orang kita. Yang ketiga kalau kita ingin meningkatkan kapasitas keterampilan dan  segala macam kita upayakan kapasitas keterampilan itu yang bermanfaat yang berguna untuk usaha yang ada di sekitarnya,” jelasnya. (KMP2)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Reresik Bebarengan, Wawali Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan"

Posting Komentar