Ribuan Warga Yogya Ikut Doa Bersama 171717


Yogya (KMP) – Ribuan warga Yogyakarta ikut ambil bagian dalam aksi 171717 yang diisi dengan doa bersama lintas agama, Kamis (17/08) pukul 17.00 WIB. Kegiatan doa bersama digelar Korem 072/Pamungkas dalam rangka memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Doa bersama dipusatkan di beberapa lokasi. Di antaranya di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta untuk umat Islam, kemudian di Balai Pamungkas untuk penganut Kristen Protestan, kemudian di Gereja katolik Santo Antonius Kotabaru, lalu di Pura Vaikuntha Vyomantara, dan di Klenteng Fuk Ming Liau Gondomanan.

Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Fajar Setyawan yang hadir dalam doa bersama di Masjid Gedhe Kauman mengatakan, doa bersama merupakan gagasan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Kegiatan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah NKRIdan diikuti seluruh penganut agama di Indonesia.

“Doa bersama ini adalah cara kita mendekatkan hati kepada Tuhan pencipta alam semesta. Kita semua tahu hasil kerja keras kita tergantung kehendak Allah, karena itu kita harus menyertai dengan doa.  Semoga doa bersama yang kita panjatkan untuk kedamaian dan keselamatan warga Yogyakarta serta bangsa Indonesia didengar, diterima dan dikabulkan Yang Maha Esa,” ucap Danrem, Kamis.  

Doa bersama, kata Danrem, sekaligus bagian langkah meneguhkan kebaikan agar bangsa Indonesia selalu mendapatkan bimbingan, kemudahan, dan pertolongan Tuhan Yang Maha Besar dalam merajut kebhinnekaan, menumbuhkan cinta dan kasih sayang serta memupuk persatuan dan kesatuan bangsa guna menghadapi berbagai tantangan baik dari dalam ataupun luar negeri. 

Danrem menjelaskan, takdir bangsa Indonesia adalah menjadi bangsa yang terdiri dari berbagai suku, bangsa, adat, budaya dan agama yang berbeda-beda. Warga hidup rukun, saling menghormati dan menghargai, hidup tolong menolong dan bergotong royong.

Mensinergikan perbedaan tersebut, lanjut Danrem, akan menumbuhkan kekuatan besar seperti telah dicontohkan oleh para pendahulu dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan. “Walau pun mereka berbeda asal usul, keyakinan, namun bersatu melawan dan mengusir penjajah,” jelasnya.

Ia menambahkan, selain memanjatkan doa untuk keselamatan, ketenteraman, kedamaian dan kemakmuran bangsa Indonesia, kegiatan doa bersama memiliki makna dan hikmah lain. Yakni pencerahan tentang arti dan pentingnya menghargai serta menghormati jasa para pahlawan. 

“Yang perlu kita renungkan dan pahami bersama, bahwa para pendahulu secara ikhlas tanpa pamrih telah mendarmabhaktikan jiwa dan raganya demi perjuangan bangsa. Ini harus kita jadikan sebagai teladan dalam meneruskan cita-cita perjuangan mereka melalui kerja keras demi kemajuan bangsa dan negara,” terangnya. (KMP2)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ribuan Warga Yogya Ikut Doa Bersama 171717"

Posting Komentar