Salut, Untuk Kali ke-3 Kearsipan Kota Yogya Terbaik Tingkat Nasional


Jakarta (KMP) – Prestasi sepertinya enggan menjauh dari Pemkot Yogyakarta. Berbagai prestasi ditorehkan di tingkat nasional. Terbaru ditorehkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta yang kembali masuk dalam jajaran Lembaga Kearsipan daerah (LKD) terbaik nasionl.

Prestasi ini yang diumumkaan dalam ajang Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Award 2017, diraih Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk ketiga kalinya. Prestasi serupa diraih Kota Yogya pada 2013 dan 2016 lalu.

Penghargaan diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur kepada Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Purwadi dalam Malam Penganugerahan ANRI Award 2017, Kamis (17/8) malam di Hotel Mercure, Jakarta.

Heroe mengungkapkan apresiasinya atas prestasi tersebut.  Menurutnya, raihan tersebut mencerminkan  bahwa pengelolaan kearsipan di  Kota Yogyakarta sudah berjalan dengan baik dan hal tersebut menunjukkan komitmen jajaran aparat Pemkot dalam bekerja.

“Arsip menunjukkan bagaimana kita bekerja. Melalui arsip kita bisa tahu apa saja yang sudah dikerjakan dan melalui arsip pula kita bisa mengevaluasi pekerjaan tersebut sehingga kita bisa tahu apa saja yang harus dilakukan untuk bekerja dengan lebih baik,” ucapnya.

Lebih lanjut, Heroe juga berharap agar perkembangan bidang teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk kegiatan kearsipan sehingga nantinya arsip dapat lebih aksesibel bagi masyarakat.

“Arsip harus mengikuti perkembagan teknologi informasi.Ke depannya arsip harus sudah didigitalisasi agar lebih mudah diakses oleh siapapun, di manapun, dan kapanpun” Pinta Heroe

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan, saat ini pengelolaan arsip di Kota Yogyakarta sudah berjalan di jalur yang benar dan harus terus dipertahankan. Salah satunya dengan mengemas pengelolaan kearsipan menjadi sesuatu yang menarik.

“Adanya penghargaan menunjukkan kita sudah right on the track dan untuk mewujudkan hal tersebut adalah melalui packaging yang menarik, tanpa ada packaging yang menarik, domain kami akan sulit untuk dapat dilaksanakan oleh OPD lain,” katany. (KMP2)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Salut, Untuk Kali ke-3 Kearsipan Kota Yogya Terbaik Tingkat Nasional"

Posting Komentar