Salut, UPNVY Cetak 2.270 Kader Bela Negara


Sleman (KMP) – Sebanyak 2.270 mahasiswa baru UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) akan menjalani Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) awal pekan depan, Senin (14/8). Mereka akan melaksanakan masa orientasi selama tujuh hari dibimbing oleh para panitia. 

Untuk menyambut mahasiswa baru UPNVY akan melaksanakan upacara pembukaan PKK. Pada PKK UPNVY tahun ini bela negara dijadikan materi utama pendidikan karakter. Pendidikan tersebut antara lain penegakan nilai-nilai disiplin, kejuangan, kreativitas, cinta tanah air dan komitmen dalam menjaga empat pilar kebangsaan Indonesia.

"Pendidikan bela negara diharapkan akan menjadi bekal untuk membangun bangsa dan negara Indonesia tercinta dengan dilandasi jiwa disiplin, kejuangan, dan kreativitas," ungkap Kasubag Kerjasama dan Humas UPNVY Markus Kusnardiyanto, (Jumat (11/8).

Markus mengatakan, pembukaan PKK akan dihadiri oleh Rektor UPNVY, perwakilan dari Kementerian Ristekdikti, Kementerian Pertahanan, Polda DIY, para warek, dekan dan guru besar. Selain itu juga penampilan dari para alumni.

"Setiap tahunnya, penyambutan mahasiswa baru selalu ada atraksi terjun payung. Tahun ini terjun payung akan dipersembahkan oleh para alumni UPN bekerja sama dengan AAU," ujarnya.

Sebelumnya, para panitia PKK yang terdiri dari mahasiswa telah dibekali dengan pelatihan bela negara, pada 3 Agustus 2017. Mereka dilatih untuk mempersiapkan dalam mendampingi mahasiswa baru dalam mengenal lingkungan kampus bela negara.

"Para panitia dibimbing langsung oleh para instruktur dari Akademi Angkatan Udara. Serangkaian pelatihan yang diberikan meliputi pengembangan karakter, disiplin, wawasan kebangsaan dan bela negara," imbuhnya.

Pada tahun ini, selain materi bela negara, para peserta PKK akan diajarkan materi latihan baris berbaris, wawasan kebangsaan, deradikalisasi dan anti narkoba. (KMP-7)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Salut, UPNVY Cetak 2.270 Kader Bela Negara"

Posting Komentar