Satu-satunya di Indonesia, Prodi Teknik Lingkungan UII Raih Akreditasi Internasional ABET


Sleman (KMP) - Universitas Islam Indonesia (UII) semakin memantapkan diri menuju internasionalisasi perguruan tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan semakin bertambahnya program studi (prodi) yang meraih akreditasi internasional, salah satunya Prodi Teknik Lingkungan.

"Tepatnya pada 14 Agustus 2017 lalu, kami menerima surat resmi dari Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET), Amerika Serikat terkait keputusan akreditasi internasional. Berdasarkan surat tersebut, Prodi Teknik Lingkungan UII dinyatakan terakreditasi oleh Engineering Accreditation Commission (EAC) ABET," ujar Ketua Prodi Teknik Lingkungan UII Hudori ST MT.

Melalui rilis yang diterima Kabarmerahputih.net, Sabtu (19/8), Hudori menuturkan, Prodi Teknik Lingkungan UII menjadi satu-satunya Prodi TL di PTS se-Indonesia yang memperoleh akreditasi internasional dari ABET. Capaian tersebut sekaligus membuktikan bahwa kualitas pendidikan di prodi yang dipimoinnya itu sudah setara dengan perguruan tinggi maju di dunia.

"Akreditasi ABET menjadi jaminan penerapan standar untuk menghasilkan lulusan yang siap memasuki dunia keteknikan yang unggul di bidang inovasi dan teknologi maju serta antisipatif terhadap isu kesejahteraan dan keselamatan masyarakat," jelasnya.

Ditambahkan Hudori, proses mendapatkan akreditasi dari ABET tersebut dimulai sejak tahun 2013 dengan diluncurkannya Kurikulum 2013 yang berstandar internasional.  Pada tahun 2014, proses belajar mengajar berstandar internasional sudah diterapkan di Prodi TL. Beberapa kriteria yang ditetapkan oleh ABET sudah dipenuhi oleh Prodi TL, di antaranya terkait mahasiswa, tujuan pendidikan, student outcomes, proses pembelajaran, kurikulum, dosen, fasilitas (perkuliahan, laboratorium, perpustakaan, dll), serta dukungan dari institusi.

ABET sendiri merupakan lembaga akreditasi internasional yang berkedudukan di Baltimore, Amerika Serikat. Lembaga ini mengakreditasi perguruan tinggi untuk program studi di bidang ilmu alam dan ilmu terapan, komputer, teknik, serta teknologi industri. Pada saat ini, ABET telah mengakreditasi 3.709 program pada 752 perguruan tinggi di 30 negara. 

Selain Prodi TL, prodi di UII lainnya yang telah mengantongi akreditasi internasional ialah Prodi Teknik Sipil UII terakreditasi internasional Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE). Lalu, Prodi Arsitektur UII yang resmi menyandang akreditasi internasional Korea Architecture Accrediting Board (KAAB). (KMP-7)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Satu-satunya di Indonesia, Prodi Teknik Lingkungan UII Raih Akreditasi Internasional ABET "

Posting Komentar