Stipram Tertantang Hasilkan Lulusan Berkarir Cemerlang


Sleman (KMP) - Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta merasa makin tertantang dalam mencerdakan anak bangsa. Apalagi di tengah makin banyanya tantangan pada dunia pendidikan pariwisata.

Hal tersebut diungkapkan Ketua STIPRAM Yogyakarta Suhendroyono, Rabu (2/8) usai kegiatan penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2017/2018 di kampus setempat. Hendro, sapaan akrabnya mengatakan, pihaknya semakin berpacu dengan waktu dan kualitas.

"Untuk waktu, kami bertekad tiap mahasiswa bisa keluar atau lulus dari STIPRAM tidak lebih dari usia 22 tahun. Karena bagi kami masa setelah kuliah yang lebih penting, yakni berkarir. Dan soal kualitas, kami pun terus berupa meningkatkannya karena ilmu pariwisata adalah ilmu berkelanjutan," ungkapnya.

Dikatakan Hendro, pada tahun ajaran kali ini, STIPRAM menerima 1.523 mahasiswa baru dari maksimal kuota sebenarnya 1.200 orang. Hal tersebut dikarenakan makin tingginya minat masyarakat menempuh pendidikan di dunia pariwisata. Untuk itu, STIPRAM wajib memenuhi konsekuensinya dengan menambah jumlah dosen tetap.

"Persoalan di kami yang paling utama ialah memenuhi syarat rasio dosen-mahasiswa. Untuk memenuhinya, kami wajib menambah dosen sebanyak 38 orang. Untungnya, sekitar 30-an dosen terbang kami yang lulusan S2, tidak terdaftar sebagai dosen tetap di perguruan tinggi llain sehingga bisa kami urus," jelasnya.

Terkait pendidikan pariwisata, Hendro mengungkapkan, ada dua persoalan utama yang harus segera diatasi. Pertama, terkait kesadaran memperbaiki citra pendidikan dan perguruan tinggi pariwisata di Indonesia. Persoalan kedua, terkait kualitas pendidikan pariwisata sendiri.

"Soal kualitas juga ada hubungannya dengan kurikulum pendidikan pariwisata. Kurikulum kita harusnya terus berkembang, tidak bisa hanya mengandalkan kurikulum yang lama. Pada akhirnya ya seperti saat ini, kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tidak banyak. Itu semua karena faktor SDM pengelolanya," paparnya. (KMP-7)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Stipram Tertantang Hasilkan Lulusan Berkarir Cemerlang"

Posting Komentar