Tragis, Pernah Juara Persiba Bantul Kini Pasti Terdegradasi


Bantul (KMP) – Nasib Persiba Bantul sungguh tragis. Sempat menjadi jawara kompetisi kasta kedua tanah air, Divisi Utama 2010, Persiba Bantul dipastikan bakal terdegradasi dari Liga 2 musim ini. Laskar Sultan Agung menjadi tim pertama yang akan lengser ke Liga 3 musim depan.

Kepastian ini didapat setelah Laskar Sultan Agung melakoni 11 laga tanpa kemenangan di Liga 2.  Pada pertandingan terakhir kontra Sragen United, Kamis (10/8), Laskar Sultan Agung kembali takluk di kandang sendiri.

Eks pemain Persis Solo Andrid Wibawa membungkam publik tuan rumah saat laga baru berjalan 15 menit. "Jelas kami kecewa dan kekalahan ini sangat menyakitkan," imbuh asisten pelatih Persiba Sambudiana.
Pada susunan klasemen sementara Grup 4, Persiba becokol di dasar klasemen dengan hanya mengoleksi 4 poin dari 11. Dengan sisa tiga laga, poin maksimal Slamet Widodo cs hanya 13 poin dan menyamai poin Sragen United yang saat ini berada di peringkat keempat atau masuk dalam zona play off.

Padahal Sragen United dan rival Persiba lainnya juga masih memiliki beberapa laga sisa yang kemungkinan besar akan terus mendapatkan poin. “Dalam latihan sebenarnya banyak simulasi tapi karen mental dan jam terbang pemain kami minim, banyak peluang yang gagal berbuah gol," papar Sambudiana.

Buruknya penampilan Persiba musim ini sejatinya juga tak terlepas dari bongkar pasangnya pelatih di tim tersebut. Saat pembentukan tim jelang bergulirnya Liga 2, Siswanto 'Kancil' didapuk menjadi juru taktik. Tapi kebersamaan Kancil dengan Persiba hanya seumur jagung. Ia dianggap gagal di turnamen pemanasan Dirgantara Cup 2017 usai tak lolos penyisihan grup.

Setelah itu, manajemen pun menunjuk mantan striker Timnas Indonesia Purwanto Suwondo sebagai pelatih kepala. Setali tiga uang, mantan arsitek PSBI Blitar ini juga gagal membawa Persiba berprestasi di mana hanya mencatat empat kali seri dari 9 laga di Grup 4 Liga 2. Purwanto pun dipecat dan datanglah Hidayat.

Alih-alih membawa perubahan untuk meningkatkan prestasi, Hidayat yang gagal membawa Persiku Kudus masuk ke semifinal Liga 3 juga menuai hasil buruk setelah dua kali laganya yang berujung kekalahan. Pertama kontra Persis Solo dan terakhir melawan Sragen United dimana keduanya berakhir dengan skor identik, 1-0.

Sambudiana juga menyoroti buruknya sejumlah rekrutan baru yang dibawa Hidayat. Seperti Ahmad Ariya (kiper), Nurul Imam (bek) dan Kurnia Nanda (striker) yang semuanya dimainkan pada laga tersebut tapi tidak bisa memberikan kontribusi bagi tim. "Tiga pemain baru tak sesuai harapan, kiper terutama juga tak bagus," tandas Sambudiana. (KMP-4)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tragis, Pernah Juara Persiba Bantul Kini Pasti Terdegradasi"

Posting Komentar