UAD Perluas Kerjasama Dengan India


Yogya (KMP) - UAD telah berhasil merealisasikan MoU dengan Satyabhama University, Chennai, India. Kerjasama tersebut dilakukan setelah kegiatan India Edu Fair di Kampus 1 UAD yang dihadiri oleh 14 universitas dari India pada bulan Januari 2017 lalu.

"Saat Edu Fair, UAD telah melakukan penandatangan MoU dengan tiga universitas India, yaitu Dr AMBEDKAR Institute of Technology Bengaluru Karnataka,  Sathyabama University dan Garden City University, India. Kali ini realisasinya dengan mengirim 7 mahasiswa Pascasarjana Teknik Informasi untuk mengikuti short course topik Cloud Computing selama 2 minggu," jelas Kepala Kantor Urusan Internasional UAD Ida Puspita MARes, Sabtu (12/8).

Ketujuh mahasiswa UAD yang berkeaempatan short course adalah Miladiah, Faqihuddin Al Anshori, Tresna Yudha Prawira, M Nashiruddin Darajat, Ockhy Jey Fhiter Wassalam, Sapriani Gustina dan Iif Alfiyarul Mukaromah.  Mereka juga didampingi oleh dosen pembimbing dari UAD Rusydi Umar ST MT PhD.

Dalam kunjungan dua minggu sejak 29 Juni hingga 15 Juli 2017, ketujuh mahasiswa tersebut berkunjung ke laboratorium, mengikuti kelas dan berpartisipasi dalam seminar yang diadakan oleh Sathyabama University. Rektor UAD Dr Kasiyarno MHum pun juga sempat berkunjung ke India pada 27 Juli hingga 4 Agustus 2017.

"Untuk kunjungan rektor, tujuannya memang bertemu dengan mitra UAD dan mendiskusikan realisasi dari MoU yang telah ditandatangani sebelumnya. Sekaligus menjadi salah satu pembicara utama dalam talk show tentang internasionalisasi perguruan tinggi yang diadakan oleh Garden City University," imbuhnya.

Ida pun mengungkapkan, pada bulan Oktober 2017 mendatang, Psikologi S2 UAD akan merealisasikan MoU dengan Garden City University dengan mengirim 10 mahasiswanya untuk mengikuti short course selama 2 minggu di GCU.

"Untuk kegiatan selanjutnya ini, delegasi UAD juga akan berkunjung ke beberapa universitas dan menandatangani MoU dengan Sona College of Technology, AIMS Institutes Bangalore dan Krupanidhi Group of Institutions Bangalore," katanya.

Ida menambahkan, hubungan budaya antara India dan Indonesia sudah terjalin sejak berabad-abad lalu dan masih kuat sampai saat ini. Namun dalam dunia pendidikan, relasi dua negara ini belum banyak terlihat jejaknya. (KMP-7)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UAD Perluas Kerjasama Dengan India "

Posting Komentar