UAD Tuan Rumah FGD FRI Bahas Ekonomi Pancasila


Yogya (KMP) - Forum Rektor Indonesia  (FRI) akan menggelar Forum Group Discussion (FGD) terkait Ekonomi Pancasila. FGD yang akan dilaksanakan Jumat (25/8) ini akan diselenggarakan di kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang memang telah ditunjuk sebagai tuan rumah.

"Tentu kami senang bisa menjadi tuan rumah FGD FRI tahun ini. Apalagi tema yang dibahas soal Ekonomi Pancasila. Kami berharap kegiatan bisa berjalan lancar dan bisa menghasilkan konsep-konsep yang bisa menjadi masukan bagi semua perguruan  tinggi di Indonesia," ujar Rekor UAD Dr Kasiyarno MHum, Selasa (22/8).

Kasiyarno pun berkomentar terkait implementasi Ekonomi Pancasila dalam kurikulum pendidikan tinggi saat ini. Menurutnya, perlu dikaji lebih jauh apakah silabi pendidikan Pancasila yang sudah ada sekarang masih sama seperti di tingkat pendidikan menengah atas dan relevan untuk diterapkan.

"Dari FDG ini juga nanti kami harapkan ada hasil yang bisa direkomendasikan pada kami perguruan tinggi terkait penerapan Ekonomi Pancasila dalam kurikulum. Kami pun mengakui memang belum mengajarkan Ekonomi Pancasila secara khusus di UAD karena memang silabi yang ada sekarang ini juga belum jelas," ujarnya. 

Ketua Pokja Ekonomi Pancasila FRI Prof Dr Edy Suandi Hamid MEc pun mengakui cukup memperihatinkan karena hanya sedikit perguruan tinggi di Indonesia yang mengajarkan Ekonomi Pancasila secara khusus. Kenyataan itu mneurutnya sangat bertentangan dengan ideologi Pancasila yang mestinya menjiwai seluruh sendi kehidupan bangsa.

"FRI pun akan melakukan pertemuan guna mereformulasi tentang Ekonomi Pancasila. Bahkan bukan hanya perguruan tinggi, dosen-dosen ekonomi pun hanya sedikit yang betul-betul memahami tentang Ekonomi Pancasila," ujarnya.

Menurut Edy, selama ini kalau pun ada perguruan tinggi yang mengajarkan Ekonomi Pancasila, biasanya hanya disinggung dalam satu atau dua bab. Tidak menjadi satu mata kuliah tersendiri. "Ini bukan persoalan baik atau buruk. Tapi masalah cocok atau tidak cocok. Karena Indonesia menganut ideologi Pancasila, tentu Ekonomi Pancasila menjadi yang paling cocok untuk diimplementasikan," tegasnya. (KMP-7)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UAD Tuan Rumah FGD FRI Bahas Ekonomi Pancasila"

Posting Komentar