UII - Pacitan Kerjasama Optimalkan Potensi Daerah


Sleman (KMP) - Universitas Islam Indonesia (UII) dan Pemerintah Kabupaten Pacitan sepakat menjalin kerjasama. Kerjasama dilakukan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengembangan dan pemberdayaan Sumber Daya Daerah.

"Tujuan dari kerjasama ini, untuk lebih mendayagunakan potensi Sumber Daya Daerah yang ada di Pacitan secara optimal. Ini berguna menunjang proses pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan serta bermanfaat bagi masyarakat," ujar Rektor UII Nandang Sutrisno SH MHum LLM PhD, Kamis (3/8).

Nandang menuturkan, kesepakatan kerjasama yang terjalin dengan Kabupaten Pacitan tersebut juga akan sangat bermanfaat bagi UII. Di UII terdapat catur dharma yang mencakup pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan dakwah Islamiyah. Semua bidang itu bisa dikerjasamakan dengan Kabupaten Pacitan.

"Di bidang pendidikan, kami siap saling bersinergi, terlebih dalam bidang penelitian. UII saat ini juga sudah masuk pada klaster tertinggi dari skema pemerintah. Artinya pemerintah telah memberikan kepercayaan kepada UII untuk mengelola dana maksimal sampai Rp25miliar. Begitu juga kerjasama dalam bidang pengabdian masyarakat," imbuhnya.

Lebih lanjut, Nandang mengatakan, kesepakatan kerjasama hendaknya tidak hanya sebatas penandatanganan. Namun betul-betul dapat segera diimplentasikan, misalnya dari yang paling memungkinkan dulu. "Baik secara kelembagaan maupun SDM, UII siap berperan bagi pengembangan Kabupaten Pacitan," ungkapnya.

Bupati Pacitan Indartato mengatakan, kerjasama dengan UII tersebut  bertujuan untuk meningkatkan potensi yang ada di Kabupaten Pacitan. Seperti meningkatkan kompetensi SDM yang ada melalui program pendidikan. Selain itu, ia juga berkeinginan meningkatkan perekonomian di wilayahnya dengan penggalian SDA yang ada, seperti meningkatkan potensi pariwisata.

"Kami berharap dengan adanya kerjasama ini dapat menjadikan Kabupaten Pacitan lebih maju dan lebih dikenal. Kami juga ingin agar UII ke depan bisa mengirimkan mahasiswanya untuk menjalani Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayahnya," imbuhnya. (KMP-7)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UII - Pacitan Kerjasama Optimalkan Potensi Daerah"

Posting Komentar