UMY Gandeng National Cheng Kung University Perkuat Aspek Pendidikan


Bantul (KMP) - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terus menunjukkan komitmennya untuk mewujudkan impian sebagai World Class University. Salah satu upayanya yakni meningkatkan kerjasama dengan institusi-institusi pendidikan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Kali ini giliran College Of Social Sciences National Cheng Kung University, Taiwan yang diajak kerjasama. Kerjasama lebih spesifik dilakukan oleh Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. MoU pun telah ditandatangani pada Selasa (8/8) di ruang sidang direktur Pascasarjana UMY.

"Kerjasama ini dapat memperkuat semua aspek akademik, baik antar Fakultas maupun Program Studi. Kerjasama ini juga merupakan tindak lanjut setelah UMY menandatangani nota kesepahaman awal UMY dengan National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan pada 25 Juli 2017 lalu," ujar Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP.

Melalui kerjasama tersebut, Gunawan berharap kedua universitas bisa saling meningkatkan kualitas masing-masing. Dan mengacu pada MoU yang disepakati oleh kedua belah pihak, pelaksanaan kerjasama tersebut dilakukan dengan tujuan mempromosikan pemahaman global dan kolaborasi pendidikan.

"Selain itu, kerjasama ini juga dapat memperluas interaksi kebudayaan dan persahabatan dengan mendukung aktivitas terkait di kalangan mahasiswa juga fakultas di masing-masing institusi. Hal ini diharapkan mampu membangun dan membina hubungan yang dimiliki oleh kedua institusi, UMY dan NCKU Taiwan," imbuhnya.

Menurut Gunawan, MoU tersebut juga membahas spesifikasi kegiatan dari bidang kerjasama yang dilakukan. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah pertukaran dosen dan/atau mahasiswa fakultas terkait, kegiatan penelitian gabungan, partisipasi dalam seminar dan pertemuan akademis lainnya, pertukaran materi akademis serta informasi lainnya, juga program akademis spesial jangka pendek.

Ketentuan-ketentuan yang disepakati juga memiliki kriteria tertentu yang dirumuskan untuk memberikan manfaat maksimal bagi penerimanya. Misal dalam pertukaran dosen, dosen terkait harus mempunyai persetujuan serta penugasan dari pimpinan fakultas, serta mempertimbangakan tanggung jawab mengajar dan tugas-tugas lainnya.

"Dari penugasan akademis juga memerlukan persetujuan administrasi yang sesuai di setiap universitas. Kemudian yang disepakati dalam kerjasama ini masing-masing universitas untuk pertukaran baik mahasiswa dosen, peneliti, bisa mengirimkan maksimal sepuluh orang mahasiswa, dua orang dosen dan dua peneliti setiap semesternya," ungkap Gunawan. (KMP-7)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UMY Gandeng National Cheng Kung University Perkuat Aspek Pendidikan "

Posting Komentar