Bahas Energi Berkelanjutan, FTI UII Gelar ICET4SD 2017


Sleman (KMP) - Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan perguruan tinggi swasta yang memiliki perhatian besar pada penelitian untuk semaslahatan. Dan sebagai salah satu kegiatan penyaluran hasil penelitian-penelitian, Fakultas Teknik Industri (FTI) UII menggelar International Conference on Engineering and Technology for Sustainable Development (ICET4SD) 2017.

"Penyelenggaraan ini adalah penyelenggaraan kedua kalinya. Dan rencana ICET4SD akan menjadi kegiatan dua tahunan FTI UII. Tiap penyelenggaraannya, kami mengangkat tema yang sedang menjadi perhatian dunia. Tahun ini temanya Energi Berkelanjutan untuk Masa Depan yang Lebih Baik," ujar Dekan Fakultas Teknik Industri UII Dr Imam Djati Widodo MEngSc, Rabu (13/9).

Usai pembukaan ICET4SD 2017 di Hotel Eastparc Yogyakarta, Imam menuturkan, dipilihnya tema energi berkelanjutan sendiri karena persoalan energi masih menjadi persoalan global. Dan UII sendiri sangat peduli terhadap penerapan green campus, dimana persoalan energi baru dan terbarukan juga ikut dibina dan diaplikasikan didalamnya.

"Kami ingin lebih banyak lagi pengetahuan dan pembelajaran bagi para peserta konferensi terkait energi berkelanjutan. Dan bagi UII, hal ini bisa semakin menguatkan lagi upaya green campus yang sudah dijalankan. Kita para akademisi sudah seharusnya terus mengembangkan dan menyebarkan kesadaran akan energi berkelanjutan," imbuhnya.

Terkait energi berkelanjutan, menurut Imam, masyarakat Indonesia sendiri sudah banyak sebenarnya yang punya kesadaran akan perlunya penggantian energi fosil menjadi sumber energi yang lain. Namun masih sebatas kesadaran saja, artinya masih kognitif dan belum ada upaya lebih hingga tahap penerapan.

"Skala penerapan di Indonesia masih saja di tingkat penelitian. Memang belum ada realisasi penuh. Ini juga karena mau menerapkan juga mahal karena Indonesia belum bisa membuat sendiri alat-alat atau komponennya, contohnya mobil listrik. Skill ekonomi juga masih mahal. Tapi tentu tidak bisa berhenti, perlu terus dilakukan agar nantinya kalau sudah bisa produksi massal, tentu harga bisa ditekan," paparnya.

Rektor UII Nandang Sutrisna SH LLM MHum PhD mengatakan, UII sangat mendorong penyelenggaraan konferensi internasional karena UII sendiri sudah ada dalam proses internasionalisasi. Bahkan rencananya, UII akan membuat kebijakan tiap program studi wajib menggelar konferensi internasional.

"Namun ada syarat yang harus dipenuhi, tiap penyelenggaraan konferensi internasional harus sudah terindeks Scopus. Dengan begitu, tiap makalah penelitian yang dinyatakan lolos bisa langsung masuk jurnal internasional terindeks. Dan kami mendukung tema-tema terkini untuk dibahas dan didiskusikan, seperti masalah sustainable development ini sedang jadi isu internasional juga," paparnya. Ratih Keswara


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahas Energi Berkelanjutan, FTI UII Gelar ICET4SD 2017 "

Posting Komentar