Konflik PT SKS - BBWSO Berakhir Happy Ending


Yogya (KMP) – Gugatan kontraktor tambangm PT Surya Karya Setiabudi (SKS) terhadap Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) berakhir happy ending. PT SKS mencabut gugatan dan BBWSSO akhirnya mengeluarkan rekomendasi teknis (Rekomtek) yang dipersoalkan.

“Pencabutan gugatan dilakukan Senin tanggal 4 September, lalu penetapan dari pengadilan keluar dua hari berikutnya, atau pada Rabu 6 September. Sekarang semuanya sudah clear,” ucap tim penasehat hukum PT SKS Yacob Rihwanto, belum lama ini.

Ia menjelaskan, proses persidangan terhadap gugatan yang dilayangkan PT SKS di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Yogyakarta telah memasuki tahap pembuktian. Penggugat, menghadirkan 2 saksi ahli yakni ahli administrasi negara dari Universitas Islam Indonesia (UII), serta ahli tambang dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’ Yogyakarta.

“Tahap berikutnya adalah kesimpulan. Tapi sebelum itu, PT SKS mendapatkan SK baru. Lagi pula, obyek perkara akan berakhir Oktober mendatang. Sehingga terjadilah kesepakatan dan klien kami menarik gugatan,” terangnya.

Ia menjelaskan, keluarnya SK baru membuat aktivitas penambangan yang dilakukan di Kali Bebeng, Srumbung, Magelang telah memenuhi kaidah. “Dari BBWSSO pun memberikan rekomendasi seperti yang menjadi keberatan-keberatan sebelumnya. Jadi rekomtek keluar, izin dari ESDM juga keluar,” jelas dia.

Sebelumnya, PT SKS menggugat BBWSSO DIY di PTUN Yogyakarta. PT SKS meminta agar surat teguran yang dikirim BBWSSO dibatalkan karena salah alamat.

BBWSSO sendiri melayangkan surat teguran terhadap PT SKS yang tengah melakukan aktivitas penambangan material bukan logam di Sungai Bebeng Anak Kali Progo Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

Surat teguran dari BBWSSO dinilai salah alamat. Pasalnya, sebelum melakukan aktivitas, PT SKS telah mengantongi izin dari Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah. Dalam izin tersebut sudah terdapat rekomendasi dari BBWSSO dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Tengah. Karenanya PT SKS meminta pembatalan atas surat teguran dari BBWSSO. Sodik


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konflik PT SKS - BBWSO Berakhir Happy Ending"

Posting Komentar