Nobar Film G30S/PKI di SMP Muhammadiyah 6 Yogya


Yogya (KMP) - Sesuai instruksi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Komando Rayon Militer 14/Gedongtengen menggelar nonton bareng (Nobar) film penghianatan Gerakan 30 September (G30S/PKI) di SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta, kemarin.

“Pemutaran film ini merupakan perintah langsung Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo,” kata Danramil 14 Gedongtengen Kapten Arm Ronang Sasiarto.

Ronang menjelaskan, sesuai perintah dari pusat, pemutaran film tersebut mulai digelar pada tanggal 20 hingga 30 September 2017 di Koramil, di setiap Kelurahan dan di sekolah-sekolah.

Koramil sendiri akan memutar film G30S/PKI terpusat di halaman Kecamatan Gedongtengen. Akan tetapi warga bekerja sama dengan Koramil juga memutar film tersebut di berbagai tempat di wilayah Kecamatan Gedongtengen.

Ronang menuturkan, banyak permintaan dari warga masyarakat yang menginginkan agar pemutaran film bisa dilakukan di berbagai lokasi karena generasi saat ini yang kurang faham bahkan banyak anak-anak di era milenium yang tidak mengetahui akan sejarah bangsa Indonesia, termasuk penghianatan Gerakan 30 September.

Terllebih saat ini dalam kurikulum di sekolah sudah tidak ada pelajaran tentang sejarah kelam pengkhianatan PKI di Indonesia. “Maka dari itu pemutaran film dilakukan di SMP Muhammadiah 6 Yogyakarta,” katanya.

Untuk menjamin keaslian film tersebut, pihaknya mengakui menerima dokumentasi film langsung dari Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Dispenad). Ia menambahkan, film tersebut telah masuk dalam tahap pengecekan sebelum didistribusikan.

“Film Ini kita dapatkan langsung dari Dispenad, dikirim ke Kodam lalu dikirim ke Kodim, dan diperiksa tim intel sehingga dipastikan film tersebut dijamin keasliannya,” pungkas Ronang. (*)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nobar Film G30S/PKI di SMP Muhammadiyah 6 Yogya"

Posting Komentar