Solar System Antarkan FTI UII Raih Penghargaan Energi Subroto 2017


Sleman (KMP) - Fakultas Teknik Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) berhasil meraih Penghargaan Energi Subroto 2017 dari Kementerian ESDM. Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi bagi FTI UII yang telah menjalankan solar system sebagai sumber listrik di kampus.

"Penghargaan ini kami raih untuk bidang inovasi energi kategori prakarsa kelompok masyarakat. FTI UII sendiri telah cukup lama menggunakan solar system 2x5.000 Wp untuk memenuhi kebutuhan listrik di fakultas," ujar Dekan FTI UII Dr Imam Djati Widodo MEngSc, Jumat (29/9).

Diungkapkan Imam, penggunaan solar system di FTI UII memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebagai bagian dari investasi, pihaknya harus membangun infrastruktur hingga lebih dari Rp500juta. Namun manfaat yang dirasakan pun tidak sedikit. Dengan solar system, FTI UII bisa menghemat biaya pemakaian listrik hingga Rp60juta pertahun dari sebelumnya.

"Dengan solar system, tidak hanya penghematan biaya yang kami bisa dapatkan. Infrastruktur yang sudah ada ini juga menjadi sarana pengembangan penelitian bagi kami. Dan inilah wujud nyata fakultas kami mendukung rencana UII menuju green campus," imbuhnya.

Ketua Tim Solar Project FTI UII Setyawan Wahyu Pratomo ST MT pun mengatakan, pengelolaan energi yang dilakukan FTI UII selama ini memang diarahkan pada prinsip konservasi. Misalnya, penggunaan listrik semaksimal mungkin atau melakukan penghematan penggunaan listrik.

"Alhamdulillah upaya dan kerja keras kami selama ini mendapat apresiasi. Tentu ini tidak bisa berhenti sampai di sini saja. Harus terus kami lanjutkan dan tularkan ke yang lainnya juga," katanya.

Terkait penghargaan Enerhi Subroto, Wawan, sapaan akrabnya menambahkan, target penerima penghargaan energi prakarsa tersebut adalah perorangan atau kelompok masyarakat yang telah berbiasa dan dapat dijadikan pelopor. Selain itu, kriteria memiliki komitmen yang tinggi untuk berpartisipasi aktif mengkampanyekan secara terus menerus dan/atau melakukan kegiatan usaha pengembangan, penyediaan dan pemanfaatan energi dengan prinsip konservasi dan/atau diversifikasi, juga harus dipenuhi.

"Dengan kriteria penilaian tersebut diharapkan upaya dari penerima penghargaan bisa mewujudkan produk nyata secara fisik yang merupakan hasil inovasi dan pengembangan teknologi baru, berdampak besar dan positif terhadap pembangunan maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar dalam pengelolaan energi yang berkelanjutan dan efisien," paparnya.

Penghargaan itu sendiri telah diterima FTI UII pada 27 September 2017 di Jakarta. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri ESDM Ignatius Jonan. Ratih Keswara


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solar System Antarkan FTI UII Raih Penghargaan Energi Subroto 2017 "

Posting Komentar