BKM Tridaya Waru Mandiri Karangwaru, BKM Terbaik Nasional


Yogya (KMP) – Kerja keras BKM  Tridaya Waru Mandiri dan semua elemen masyarakat di Kelurahan Karangwaru dalam menangani program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) membuahkan hasil. Kementerian Pekerjaan Umum dan  Perumahan Rakyat RI (PUR) menganugerahkan sebuah penghargaan  sebagai BKM terbaik  tingkat nasional.

Penghargaan diserahkan Boby Ali Ashari SE MSc, Kasubdit Kawasan Pemukimam Perkotaan Dit PKP Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI, Menteri PUPR RI  di nol kilometer Karangwaru Riverside, Sabtu, (21/10/2017) lalu.

Boby mengapresi Kelurahan Karangwaru yang mendapatkan penghargaan itu. Boby mengatakan, BKM Award diikuti lebih dari 2.500 BKM di seluruh Indonesia.  Di tahun 2017 ini, ada tiga BKM mendapatkan anugerah yakni BKM di Kendari, Yogyakarta, dan Bandung.

Menurut Boby, Progam Ktaku merupakan program kekinian dan selalu menjawab tantangan baru. Sejak tahun 1999 hingga saat ini, nama program terus berubah. Namun isu pokoknya selalu mengikuti jaman. “Tahun 1999 hingga 2016 berbicara masalah kemiskinan, tahun 2017 berbicara masalah pemberdayaan,” ucapnya.

Ia menilai, Program Kotaku sangat luar biasa dan perlu dibuatkan sebuah buku sebagai bahan cerita bagi generasi berikutnya. Untuk itu, Boby berharap BKM Karangwaru mendokumentasikan kegiatan mereka dari tahun1999 – 2017 dalam sebuah buku.

“Saya yakin pembangunan seperti ini tidak mudah. Ada cerita dibalik pembangunan ni. Nah kadang kala kita semua mau belajar dari peristiwa itu. Ada cerita bagaimana proses awal bisa membongkar rumah, membebasan lahan. Ini semua harus direkam dalam sebuah buku agar generasi kita selanjutnya bisa tahu bagaimana proses sampai terjadi dengan saat ini,” kata Boby.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, apa yang diraih merupakan kebanggan bagi warga masyarakat Kota Yogyakarta dan khususnya warga Karangwaru. “Penghargaan ini merupakan bukti kerjasama dan gotong royong antara warga, pemerintah , dunia pendidikan, dan swasta,” katanya.

Ia menambahkan, Pemkot Yoggya akan mengalokasikan  anggaran  pemeliharaan  terkait program Kotaku. Anggara ini nantinya berada di Camat tetapi pelaksana operasionalnya berada di kelurahan.

“Inilah yang kita pakai untuk mendorong  apa yang telah dilakukan oleh pusat. Kita ikut membantu, menjaga , memelihara supaya apa yang ada bisa bertahan dan syukur bisa berkembang dan bisa dimanfaatkan,” tambah Heroe. Sodik/*


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BKM Tridaya Waru Mandiri Karangwaru, BKM Terbaik Nasional"

Posting Komentar