DIY Krisis Penyuluh, Ipkindo Ajak Masyarakat buat Hutan


BANTUL – Luas hutan di wilayah DIY masih jauh dari luas ideal sebanyak 30 persen. Ironisnya, luas hutan yang tidak seberapa, juga tidak didukung ketersediaan penyuluh kehutanan yang ideal. Saat ini, DIY hanya memiliki 44 penyuluh kehutanan.

“Ini menjadi kephitaninan kami. Dulu, jumlah penuluh ada 250-an, tapi sekarang hanyaa tinggal 44 orang saja. Itu pun, dua di antaranya segera pensiun, sehingga penyuluh yang tersisa tinggal 42,” ucap Ketua Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia (Ipkindo), Hendricus Mulyono, saat sarasehan daan penanaman pohon di Mangunan, Dlingo, Selasa (31/10/2017).

Pria yang akrab disapa Mbak Mul menjelaskan, dengan jumlah penyuluh yang minim, pihaknya khawatir kondisi hutan tidaak lagi terurus. Apalagi, sesui aturan yang baru, seluruh penyuluh kini ditarik ke Tingkat I di bawah Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY.

Karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat untuk membuat hutan rakyat sekaligus menjaga dan melestarikan hutan yang telah ada. “Bagian dari upaya kami mengajak masyarakat membat hutan, kami setiap tahun membagikan 500 – 1.000 buah kepel kepada masyarakat,” terang Mbah Mul.

Anny Widyastuti, Sekretaris Dishutbun DIY mengatakan, pihaknya telah berupaya mengajukan penambahan personel penyuluh. Sehingga jumlah penyuluh yang ada setidaknya mendekati jumlah ideal sebanyak 200 penyuluh.

“Tapi kan untuk sekarang tidak mudah mengajukan formasi pegawai untuk penyuluh. Yang pasti kami sudah mengajukan penambahan formasi ini karena jumlah penyuluh yang sekarang tidak ideal untuk luas hutan kawasan 19 ribu ha dan hutan luar kawasan 46 ha,” ucap Anny.

Anny menambahkan, luas lahan hutan di DIY sangat terbatas. Karena itu penyuluh pertanian dan kehutanan perlu dikoordinasikan. Terlebih, persoalan lahan menjadi kendala sangat serius bagi penyuluh karena di sisi lain kebutuhan masyarakat terus meningkat.


“Karena itu kami, dari dinas, kembali mendorong diberlakukaannya kesepakatan dulu, yaitu jika ditebang satu pohon maka harus ditanam 10 bibit pohon baru. Saat ini, kesepakatan itu tidak berjalan dan kami ingin kembali diberlakukan,” pungkasnya. Sodik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DIY Krisis Penyuluh, Ipkindo Ajak Masyarakat buat Hutan"

Posting Komentar