Gugatan Ny Ayem Kandas di Pengadilan


Yogya (KMP) – Gugatan perlawanan yang dijukan Siek Biek Giok alias Ny Ayem terhadap KMT A Tirtodiprojo kandas di PN Yogyakarta. Dalam sidang putusan yang digelar kemarin, majelis hakim yang diketuai Hapsro Restu Widodo SH  menyatakan perkara No.31/Pdt.Bth/2017/PN.Yyk tidak dapat diterima.

“Putusan majelis hakim kembali menegaskan bahwa klien kami, KMT A Tirtodiprojo, adalah pemilik sah atas obyek sengketa yang selama ini diburu Ny Ayem,” tegas Gilang Ginanjar SH, kuasa hukum KMT A Tirtodiprojo dari Kantor Advokat dan Konsultan Hukum Eko Widiyanto SH & Associates, Kamis (19/10/2017).

Ny Ayem mengajukan gugatan perlawanan atas eksekusi pengosongan lahan di Jl Kyai Mojo 45 a dalam perkara No.8/Pdt.Eks./2016/PN.Yyk jo No.41/Pdt.G/2012/PN.Yyk jo No.20/PDT/2013/PTY jo No.2863 K/PDT/2013. Ia mengklaim ada pemalsuan dalam akta no.72 dan no.73. Dasarnya karena tanda tangan Elly Ningsih, salah satu ahli waris pemilik lahan pada akta tersebut non identik.

“Sebagaimana dipersyaratkan dalam ketentuan pasal 163 HIR atau pasl 283 Rbg atau Pasal 1865 KUHPerdata, Ny Ayem seharusnya membuktikan dalil gugatannya. Namun sampai majelis hakim membacakan putusannya, pelawan tidak mampu membuktikan tuduhannya,” tegas advokat Peradi di bawah kepengurusan Fauzi Yusuf Hasibuan ini.

Dengan begitu, lanjut Gilang, telah nyata dan terang benderang bahwa obyek sengketa adalah milik KMT A Tirtodiprojo alias Joko Tirtono sebagaimana termaktub dalam Putusan Nomor 8/Pdt.Eks/2016/PN.Yyk jo No. 41/Pdt.G/2012/PN.Yk jo No. 20/PDT/2013/PTY jo No. 2863 K/PDT/2013.

“Segala jenis permasalahan terkait dengan obyek sengketa tekah diperiksa dan diadili dan telah memiliki putusan hukum yang berkekuaatan hukum tetap. Dan terhitung sejak 27 April, telah kembali berada dalam penguasaan pemilik yang sah,” tegas advokat kelahiran Cirebon tersebut.

Ia menambahkan, selama 27 tahun, kliennya sebagai pemilik yang sah tidak pernah merasakan nikmat, manfaat dan keuntungan terhadap kepemilikan obyek sengketa. “Sekarang semuanya sudah clear, majelis hakim memutus bahwa gugatan tidak dapat diterima,” pungkasnya.

Saat ini, masih ada satu gugatan lain yang juga berkaitan dengan sengketa lahan di Jl Kyai Mojo 45 a. Ahli waris, yakni Elly Ningsih dan Yujanto mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum terhadap KMT A Tirtodiprojo. Perkara ini baru memasuki tahap kesimpulan.

Ny Ayem sendiri merupakan penyewa sekaligus pembeli pada sebagian lahan yang disengketakan. Saat eksekusi dilakukan pada 27 April 2017, Ny Ayem mengklaim ada sebagian lahan miliknya yang dibeli secara sah turut dieksekusi. Gugatan kali ini adalah yang kesekian kali diajukan Ny Ayem. Sodik 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gugatan Ny Ayem Kandas di Pengadilan"

Posting Komentar