2020, UPY Jadi Universitas Unggulan di ASEAN


Bantul (KMP) - Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) bertekad menjadi universitas yang unggul di tingkat ASEAN. Hal itu bahkan telah tercantum dalam visi UPY ke depan, hingga 2020 mendatang.

"Visi UPY 2018-2022 ialah menjadi universitas yang unggul di tingkat ASEAN. Karena itu berbagai upaya sudah mulai kami lakukan. Termasuk saya mewajibkan kalau bisa semua dosen ambil S3. Akan sangat bagus jika 30% dari dosen kami bisa doktor untuk 4 tahun ke depan," ujar Rektor UPY Dr Ir Paiman MP, Jumat (13/11/2017).

Dalam acara Dies Natalis UPY ke-55 di kampus setempat, Paiman menuturkan, dengan memperbaiki SDM, ia percaya UPY bisa bersaing lebih. Apalagi saat ini persaingan di dunia pendidikan semakin ketat. "Kami akan kesusahan bersaing kalau SDM saja masih master. Karena itu saya ingin UPY harus makin berkualitas, jadi kita harus terus berkembang agar mahasiswa kami juga makin berkualitas," imbuhnya.

Paiman menambahkan, pembenahan harus terus dilakukan termasuk dalam hal sarana prasarana. Mulai dari laboratorium, sarana perkuliahan dan kualitas internet kampus. Dalam hal SDM, UPY juga meningkatkan kedisiplinan dosen dan karyawan, kerjasama luar negeri, termasuk pertukaran mahasiswa.

"Kalau kita mau maju, kita tidak akan terlindas oleh zaman. Kami juga berupaya selalu mendorong mahasiswa agar membangun prestasi dan kebersamaan dalam mendukung UPY yang unggul. Rangkaian acara dies kali ini juga kami rangkai guna membangun kebersamaan bersaing di tingkat global, utamanya ASEAN," paparnya.

Ketua Panitia Dies Natalis UPY ke-55 Drs Rosalia Indriyati Saptatininingsih MSi mengatakan, bagi PGRI sendiri, dies natalis mempunyai makna penting. Bukan hanya sebagai penanda bertambahnya usia, tapi juga penanda tingkat kemajuan dalam berkarya dalam ambil bagian pembangunan bangsa khususnya dalam bidang pendidikan.

"Keberadaan UPY dikancah dunia pendidikan yang sudah menginjak usia 55 menjadi bukti bahwa UPY mempunyai daya tarik khusus. Karena itu pula UPY mampu bertahan di tengah persaingan yang makin ketat di antara perguruan-perguruan tinggi negeri maupun swasta," ujarnya.

Menurut Rosalia, dies natalis UPY yang ke-55 ini juga menjadi momentum untuk menguatkan komitmen akan perubahan demi kemajuan untuk mewujudkan visi UPY yaitu menjadi perguruan yang unggul di tingkat dan dunia. (Ratih Keswara)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2020, UPY Jadi Universitas Unggulan di ASEAN "

Posting Komentar