310 Pelajar Ikut MTQ tingkat DIY


Yogya (KMP) – Sebanyak 310 pelajar dari berbagai jenjang pendidikan, SD-SMK, se-DIY ambil bagian pada kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat DIY. Tahun ini MTQ dipusatkan di SMK Muhammadiyah 3 Yogya dan dibuka pada Rabu (15/11/2017).

310 peserta MTQ akan mengikuti 13 cabang lomba, yakni Musabaqah TilawatilQqur’an, Puitisasi Sari Tilawah, musabaqoh hifzil, musabaqoh tartil, Musabaqoh Adzan,Pidato Agama, Khutbah Jum’at, Lukis Keagamaan, Kaligrafi, Nasyid, Cerdas Cermat Agama, Musabaqoh Syarhil Qur’an.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, MTQ menjadi agenda penting untuk dilakukan mengingat pergaulan anak-anak di era sekarang yang semakin mengalami banyak tantangan.
Dengan MTQ ini, diharapkan bisa menjadi senjata ampuh menangkal bahaya ancaman pergaulan negatif tersebut. “Al Qur’an menjadi benteng bagi para pelajar di era pergaulan saat ini,” jelasnya.

“Saat ini telah banyak terjadi pergeseran nilai-nilai kehidupan yang dapat berdampak negatif pada perkembangan mental spiritual, moral dan akhlaq generasi muda, Al Qur’an sungguh sangat penting untuk dihayati agar memperoleh bimbingan dan perlindungan dari kemungkinan terseret arus negatif modernisasi,” sambungnya.

Ia menambahkan, keluarga juga memiliki peran penting dalam membentuk gerasi muda yang cinta Al Qu’ran. “Pelajar yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang gemar membaca Al Qur’an akan memberikan dampak positif bagi perkembangan anak untuk menjadi generasi qur’ani,” ucapnya.

Ia berharap peserta MTQ akan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. “Kerena pendidikan agama melalui membaca Al Qur’an ini menjadi sendi yang sangat penting dalam pendidikan di Indonesia,” tandasanya.

Ketua Panitia MTQ 2017 Suci Rohmadi mengatakan, MTQ ini digelar dalam rangka meningkatkan keterampilan baca tulis Al Qur’an, memupuk rasa cinta pada Al Qur’an, meningkatkan motivasi membaca Al Qur’an, serta meningkatkan semangat beribadah.

“Sehingga dengan ini diharapkan mampu mencetak generasi yang berakhlakul karimah dan qur’ani,” imbuhnya. KMP2/*


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "310 Pelajar Ikut MTQ tingkat DIY"

Posting Komentar