Babinsa Pakuncen-Warga Bersihkan Bantaran Winongo


Yogya (KMP) - Banjir yang kerap kali melanda warga di bantaran Sungai Winongo banyak dikaitkan dengan keberadaan sampah, bangunan liar dan pemukiman kumuh. Kondisi diperparah rusaknya lingkungan di wilayah tangkapan air hujan.

Berubahnya fungsi penggunaan lahan menjadi tempat wisata, turut memperprah keadaan. Sebaagai salah satu upaya mencegah terjadinya banjir saat hujan turun, Babinsa Kelurahan Pakuncen Koramil 10/Wirobrajan Koptu Tri Maryaka bersama Lurah Pakuncen Joko Saptono dan Mahasiswa KKN dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) melakukan pembersihan bantaran sungai.

Kegiatan ini didukung penuh warga RW 03, 08, 10 dan RW 11 Kelurahan Pakuncen, ditandai dengan keterlibatan mereka secara langsung dalam proses pembersihan bantaran sungai yang dilaksanakan kemarin.

Pada kesempatan itu, Lurah Pakuncen Joko Saptono mencanangkan dan menggalakkan upaya pelestarian alam dan lingkungan hidup. Di antaranya Program Kali Bersih (Prokasih), analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal), serta rencana tata-ruang dan wilayah (RT RW).

kemudian relokasi wilayah industri dan hotel dari pemukiman. “Dengan relokasi ini diharapkan Wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) bisa bersih dari limbah,” katanya. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Babinsa Pakuncen-Warga Bersihkan Bantaran Winongo"

Posting Komentar