Cek Kesehatan Sejak Dini Sempurnakan Gaya Hidup Sehat


Sleman (KMP) - Tren gaya hidup sehat kini makin menyebar di masyarakat. Namun ternyata menjalani hidup sehat pun tidak cukup atau menjamin sehat pula di hari tua. Kesadaran akan pemeriksaan kesehatan rutin juga perlu ditingkatkan agar hidup sehat makin sempurna.

"Cek atau pemeriksaan kesehatan rutin di laboratorium perlu dimulai sejak masih muda. Sayangnya ini yang belum disadari banyak anak muda kita. Anak muda kebanyakan selalu merasa sehat dan berpikir masih jauhlah untuk punya keharusan cek kesehatan, padahal tidak demikian," ujar Pakar Kesehatan dr Lani Heriani, Sabtu (25/11/2017) sore.

Di sela penyelenggaraan progran Prodia Healthy Fun Festival #LetsCheckUp di Jogja City Mall, Lani menuturkan, banyak kondisi tubuh yang tidak tampak dari luar dan hanya bisa diketahui dengan medical check up. Dan mengenai keaehatan sendiri, medical check up juga dibutuhkan untuk mengetahui kondisi metabolisme tubuh.

"Jika metabolisme tubuhnya baik, maka pengaturan pola makannya bisa tidak ketat. Namun jika buruk, pengaturan pola makan bahkan perlu dilakukan sejak masih muda. Dan metabolisme kita biasanya bawaan atau karena keturunan," jelasnya.

Sementara itu, Regional Marketing Manager V PT Prodia Widyahusada Tbk Beppy Hamuaty menuturkan, sebgaian masyarakat mungkin belum menyadari pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin. Bahkan terkadang justru melakukan pemeriksaan kesehatan, hanya ketika sedang sakit. Padahal pemeriksaan kesehatan sebelum merasakan sakit justru lebih baik, karena merupakan salah satu tindakan preventif dalam menyikapi risiko penyakit pada kemudian hari.

"Dan melihat tren hidup sehat yang telah dimiliki masyarakat saat ini, Laboratorium Klinik Prodia mengajak masyarakat, khususnya kaum muda untuk terus menerapkan gaya hidup sehat dan melengkapinya dengan melakukan pemeriksaan kesehatan atau check up secara rutin melalui program Healthy Fun Festival #LetsCheckUp," ujarnya.

Menurut Beppy, program Healthy Fun Festival #Letscheckup dilakukan melalui roadshow di 5 kota besar, yaitu Surabaya, Semarang, Bandung, Jakarta dan Yogyakarta. Roadshow ini diikuti dengan rangkaian kegiatan pre-event yang diselenggarakan di beberapa tempat di masing-masing kota, seperti di pusat kebugaran dan perkantoran, untuk menantang para kaum muda memastikan apakah dirinya benar-benar sehat, melalui pemeriksaan sindrom metabolik.

"Pemeriksaan Sindrom Metabolik berguna untuk membantu diagnosis sindrom metabolik dan mendeteksi dini risiko komplikasi di masa mendatang akibat sindrom metabolik seperti penyakit jantung koroner (PJK), stroke, diabetes melitus, perlemakan hati, dan gangguan ginjal. Kegiatan ini pun kami selenggarakan secara cuma-cuma bagi mereka yang berusia 20-35 tahun," imbuhnya. (Ratih Keswara)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cek Kesehatan Sejak Dini Sempurnakan Gaya Hidup Sehat "

Posting Komentar