Dirikan Prodi Pendidikan Kimia, USD Gandeng Sogang University


Sleman (KMP) - Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta telah resmi membuka angkatan pertama untuk Program Studi (prodi) Pendidikan Kimia. Dalam pengembangannya ke depan, USD telah menggandeng Sogang University, Korea Selatan untuk makin meningkatkan kualitas prodi ilmu sains tersebut.

"Prodi Pendidikan Kimia ini bagi kami seperti pelengkap prodi-prodi ilmu sains lainnya yang sudah ada lebih dulu. Izin pembukaannya sendiri sudah kami terima Desember 2016 lalu dan mulai aktif Agustus 2017 ini dengan mulai menerima mahasiswa," ujar Wakil Rektor I Tarsisius Sarkim PhD, Jumat (17/11/2017).

Ditemui di sela acara pembukaan Prodi Pendidikan Kimia bersama Sogang University di kampus USD Paingan, Sarkim menuturkan, pada angkatan pertamanya, Prodi Pendidikan Kimia USD telah menerima 42 mahasiswa yang telah diseleksi dari sekitar 200 pendaftar. Terdapat 16 mahasiswa diantaranya bahkan mendapat beasiswa penuh selama empat tahun.

"Kami memang memfasilitasi mahasiswa yang kami nilai memiliki potensi baik secara akademik namun berasal dari keluarga kurang mampu. Sedangkan untuk pengembangan prodi baru ini, kami sudah ada kerjasama dengan Sogang University," ungkapnya.

Dikatakan Sarkim, kerjasama dengan Sogang University tersebut sekaligus dalam hal pembiayaan. Dana yang disediakan sendiri berasal dari pemerintah Korea Selatan yang disalurkan melalui Sogang University. Dana tersebut akan digunakan untuk pengadaan laboratorium kimia lengkap, pengembangan kurikulum, pengadaan buku dan penyelenggaraan beberapa kegiatan pendukung.

"Salah satu kegiatan yang dalam waktu dekat akan dilakukan ialah pengiriman mahasiswa kami ke Sogang University untuk belajar selama satu bulan. Rencananya akan dipilih 6 mahasiswa untuk program ini. Selain itu, juga untuk beasiswa para dosen USD yang kuliah S3 bidang Kimia di Sogang University, dimana saat ini ada tiga dosen yang sedang studi di sana," imbuhnya.

Sarkim pun menambahkan, kerjasama USD dan Sogang University tersebut memiliki dampak yang positif, tidak hanya bagi USD tapi juga masyarakat pendidikan mitra USD. Karena salah satu program yang dilakukan dengan adanya kerjasama tersebut ialah diadakannya pelatihan bagi para guru ilmu sains. Pelatihan bahkan digelar dua kali dalam setahun.

Kepala Prodi Pendidikan Kimia USD Dra Maslichah Asy'ari menjelaskan, setiap periode pelatihan, sekitar 160 guru ilmu sains dari sekolah-sekolah mitra USD mengikuti program tersebut. Selama pelatihan, para guru dibantu dalam upaya meningkatkan kualitas diro dan pembelajaran yang bisa mereka terapkan di kelas.

"Biasanya akan kami tanya apa yang mereka butuhkan. Dan kebanyakan guru selalu meminta diberi pelatihan terkait substabsi materi dan metode pembelajaran yang berkaitan dengan Kurikulum 2013," imbuhnya. (Ratih Keswara)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dirikan Prodi Pendidikan Kimia, USD Gandeng Sogang University "

Posting Komentar