Ki Seno Nugroho Meriahkan Puncak Merti Dusun Simping


Sleman (KMP) – Rangkaian kegiatan Merti Dsun Simping, Sidomoyo, Godean, Sleman akan mencapai puncak, Sabtu (25/11/2017) malam. Puncak acara akan diisi pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Seno Nugroho. Dalang kondang ini akan membawakan lakon ‘Wisanggeni Lahir.   

Pagelaran wayang kulit diperkirakan akan menyedot banyak penonton, tidak hanya berasal dari Dusun Simping saja, tetapi juga warga sekitarnya bahkan dari luar Kabupaten Sleman mengingat banyaknya pendemen (fans) Ki Seno Nugroho.

Agus Suryanto, Ketua Panitia Merti Dusun mengatakan, lakon Wisanggeni Lahir sengaja dipilih agar cerita dan sosok Wisanggeni dapat menjadi salah satu teladan bagi warga Dusun Simping. Wisanggeni adalah sosok yang cerdas, pemberani, dan mau berkorban demi kebenaran.

Hal ini sesuai tema merti dusun yakni “Guyub Rukun Gumregah Mbangun Kampung”. “Diharapkan warga dapat berpikir cerdas dalam mengembangkan potensi budaya dan ekonomi. Bersedia menjadi penjaga budaya agar tetap lestari seiring bekerja keras untuk meningkatkan kesejahteraan,” katanya, Sabtu pagi.

Pagelaran wayang kulit, kata Agus, merupakan puncak acara kegiatan merti dusun yang pertama kali diselenggarakan dan telah dimulai tanggal 17 November lalu.

Kepala Dusun  Simping, Pardiyono, menjelaskan kegiatan merti dusun merupakan ajang untuk menampilkan karya dan potensi warga Simping. Acara yang disenggarakan antara lain; pengajian oleh ustad  Sigit Nursahid, pentas band remaja, kirab budaya, pentas musik Koes Plus “Merpati Muda”, pentas seni karawitan “Mudo Laras”, dan pentas seni anak.

Kemudian pentas tari tradisional, paduan sura “Suara Puspita”, band remaja, pentas ketoprak “Marsudi Budoyo” dengan lakon “Pedut Ing Bumi Mataram” yang dimeriahkan oleh Rio Srundeng “Sentul Kenyut” obrolan angkring TVRI, kenduri dan tahlilan warga, sholawat dan hadroh, pameran foto dan potensi desa Sidomoyo, terakhir pagelaran wayang Kulit.

Pardiyono mengaku sangat bangga dengan semangat warga Simping. “Walaupun dusun kami ini kecil, tetapi luar biasa semangat warganya, bahkan waktu  acara kirab panjang arak-arakan sampai dua kilometer. Masing-masing RT menampilkan karya dan potensi budaya dan  ekonominya”, katanya. KMP2/*

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ki Seno Nugroho Meriahkan Puncak Merti Dusun Simping"

Posting Komentar