Kodim Yogya Kembangkan Tanaman Hidroponik


Yogya (KMP) - Selain menambah asri lahan pekarangan rumah, tanaman hidroponik juga memiliki banyak manfaat lain. Karenanya, Serda Guntur, salah satu anggota Kodim 0734/Yogyakarta giat mengembangkan tanaman hidroponik dengan memanfaatkan lahan terbatas di Makodim.

Langkah ini disambut positif Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah. Dandim menilai, kegiatan bercocok tanam yang dikembangkan melalui tanaman hidroponik merupakan bagian dari program kawasan rumah pangan lestari (KRPL). Di mana pemerintah mengharapkan setiap rumah tangga mampu memenuhi gizi dari lingkungannya sendiri.

Beberapa tanaman hidroponik yang umum ditanam adalah sayur-sayuran seperti sawi, bayam, kangkung, serta tanaman yang lainnya. “Dengan pengembangan tanaman hidroponik ini kita berharap dapat menjadi contoh bagi masyarakat dan khususnya di lingkungan jajaran kita,” ujar Dandim kepada Kabarmerahputih.net, belum lama ini.

Sementara itu, Serda Guntur, yang secara langsung mengembangkan tanaman hidroponik mengatakan, pengembangan hidroponik dapat dilakukan dalam skala skecil di rumah sebagai hobi maupun secara besar-besaran dengan tujuan komersial.

Tanaman hidroponik memiliki banyak kelebihan. Antara lain ramah lingkungan, hemat air karena penggunaan air hanya 1/20 dari tanaman biasa dan mengurangi CO2, tidak perlu menggunakan kendaraan atau mesin. Selain itu, tanaman hidroponik tidak merusak tanah karena tidak menggunakan media tanah.

“Tanaman hidroponik juga tidak membutuhkan tempat yang luas. Selain itu, mengembangkan tanaman hidroponik lebih hemat waktu dan tenaga karena tidak perlu menyiramkan air setiap hari,” kata Serda Guntur.

“Tanaman yang seperti ini pertumbuhannya lebih cepat dan kualitas hasil tanaman dapat terjaga serta efesien. Pasalnga, tanaman bisa ditempatkan di mana saja bahkan di garasi dan tanah yang berbatu pun bisa karena tidak mengenal musim,”pungkasnya. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kodim Yogya Kembangkan Tanaman Hidroponik"

Posting Komentar