Lagi, UPY Tambah Dua Prodi Baru


Bantul (KMP) - Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) kembali menambah jumlah program studinya. Kali ini yang baru dibuka ialah Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Kedua prodi ini kami buka dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya karena masih kurangnya perguruan tinggi yang mempunyai Prodi PLB maupun PAUD.  Selain itu, semakin hari kebutuhan akan lulusan yang menguasai PLB maupun PAUD makin banyak. Jadi kami merasa ada peluang besar," ujar Rektor UPY Dr Ir Paiman MP, Jumat (10/11/2017).

Menurut Paiman, telah muncul aturan pemerintah yang mengharuskan setuap sekolah wajib menerima siswa berkebutuhan khusus. Hal tersebut juga berarti tiap sekolah akan membutuhkan tenaga pendidik khusus lulusan PLB. Terkait tenaga pendidik lulusan PAUD, kebutuhannya pun banyak karena semakin banyak sekolah-sekolah bagi pendidikan usia dini.

"Kami melihat lima sampai sepuluh tahun mendatang, minat masyarakat di kedua prodi ini besar, sehingga kami ingin ikut berperan dalam mencetak tenaga pengajar profesional dan berkompeten. Dan tidak berlama-lama, karena izin keduanya sudah kami terima, tahun ajaran 2018/2019 ini kami sudah mulai menerima mahasiswa baru," paparnya.

Diungkapkan Paiman, pihaknya sendiri menargetkan minimal akan ada 60 mahasiswa untuk tiap prodi baru di tahun ajaran 2018/2019 mendatang. Untuk itu, dalam satu semester ke depan, UPY akan gencar melakukan promosi untuk kedua prodi baru tersebut.

"Promosi yang akan kami lakukan tentu sistemnya jemput bola karena memang untuk memperkenalkan produk baru. Promosi juga akan kami lakukan ke seluruh Indonesia dan lewat kerjasama dengan sekolah maupun LPTK lainnya," imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Kopertis Wilayah V DIY Dr Bambang Supriyadi mengatakan, selama dua tahun terakhir ada 110 prodi baru di DIY yang surat izinnya telah turun. Ia berharap, prodi-prodi baru tersebut mampu berjuang meningkatkan akreditasi dari akreditasi minimum.

"Kami berharap semua bisa reakteditasi dan bisa memperoleh akreditasi lebih dari C atau akreditasi minimum. Reakreditasi setidaknya bisa diajukan lagi dua tahun setelah prodi aktif. Dengan begitu tingkat kepercayaan masyarakat juga bertambah," ungkapnya. (Ratih Keswara)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lagi, UPY Tambah Dua Prodi Baru "

Posting Komentar