LPB PP Muhammadiyah Gelar Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah


Yogya (KMP) - Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah akan menggelar Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah ke-2. Jambore sendiri akan dilaksanakan di Malang pada 30 November-3 Desember 2017 mendatang.

"Kegiatan jambore ini tujuannya untuk menyiapkan kemampuan di masing masing daerah untuk memperkuat kapasitas di daerah. Sehingga nantinya para peserta akan menjadi inisiator relawan tangguh di daerahnya masing-masing," ujar Ketua Panitia Jambore Nasional Budi Santoso, Senin (27/11/2017).

Kepada wartawan di kantor PP Muhammadiyah, Budi pun mengungkapkan, hingga saat ini, telah terdata lebih dari 1.500 relawan yang sudah mendaftar. Target kami setidaknya akan ada 2.000 relawan saat pelaksanaan nanti. Mengangkat tema 'Merekat Kebersamaan Meningkatkan Ketangguhan', Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah tersebut juga jadi momentum berkumpulnya relawan Muhammadiyah.

"Kegiatan ini sejak awal memang menjadi inisiasi LPB PP Muhammadiyah untuk mengubah paradigma penanggulangan bencana bukan pada saat terjadi bencana saja, melainkan penanggulangan bencana harus disertai upaya pengurangan risiko bencana," imbuhnya.

Wakil Ketua LPB PP Muhammadiyah Rahmawati Husein menerangkan, peningkatan kapasitas relawan dalam kebencanaan menjadi hal yang sangat penting. Tujuannya untuk melatih ketangguhan para relawan, karena pengurangan bencana bisa dilakukan melalui peningkatan ketangguhan para relawan.

"Relawan itu gunanya mengurangi kerentanan dan resiko bencana dalam masyarakat. Tentu hal itu juga harus disertai dengan peningkatan kapasitas relawan juga. Karena kami tidak mau relawan Muhammadiyah asal membantu saja, harus juga benar membantunya," tegasnya.

Menurut Rahmawati, LPB PP Muhammadiyah juga akan membuat standar untuk relawan, baik jika ditempatkan di luar negeri maupun di dalam negeri. Ke depan, para relawan pun diwajibkan memiliki sertifikasi sebagai jaminan kualifikasi mereka sebagai relawan kemanusiaan. (Ratih Keswara)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LPB PP Muhammadiyah Gelar Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah "

Posting Komentar