MTI PPs FTI UII Buka Konsentrasi Manajemen Aset


Sleman (KMP) - Magister Teknik Industri (MTI) Program Pascasarjana Fakultas Teknologi Industri (PPs FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) membuka konsentrasi keilmuan Manajemen Aset. Hal tersebut dilakukan karena melihat Indonesia dalam waktu dekat akan membutuhkan lebih banyak tenaga profesional dalam bidang Manajemen Aset.

"Saat ini memang masih banyak perusahaan, baik milik pemerintah maupun swasta yang belum bahkan kesulitan mengaplikasikan manajemen aset. Konsentrasi keilmuan ini juga sebagai jawaban atas tantangan yang ada di lapangan. Target kami, begitu kebutuhan melonjak beberapa tahun ke depan, kami sudah siap dengan lulusan yang berkompeten," ujar Dosen MTI PPs FTI UII Winda Nur Cahyo ST MT PhD, Selasa (28/11/2017).

Ditemui di kampus setempat, Nur Cahyo menuturkan, konsentrasi keilmuan Manajemen Aset tersebut nantinya akan fokus mempelajari pengolahan aset fisik yang dimiliki organisasi atau perusahaan agar bisa digunakan optimal untuk membantu pencapaian tujuan organisasi. Dalam Manajemen Aset pun memang ditekankan pada upaya menyeimbangkan biaya pengadaan aset, performa dari aset dan risikonya.

"Risiko terbesar tidak dikelolanya aset dengan benar tentu pada pemborosan finansial. Karena pengelolaan aset yang tidak benar jelas berdampak pada meningkatnya harga pokok produksi. Karenanya dibutuhkan keterampilan mengelola aset yang kompleks secara efektif dan efisien," jelasnya.

Menurut Nur Cahyo, karena kompleksitasnya, terkadang dalam proses pengelolaan aset terjadi tarik menarik kepentingan dari pihak-pihak atau departmen yang terlibat di dalam pengelolaan aset. Tarik-menarik itu terjadi karena masing-masing departemen mempunyai indikator dasar performa yang harus mereka capai.

"Isu semacam itu adalah isu yang umum terjadi di dalam sistem industri. Kontribusi dari aset manajemen dalam kasus ini adalah bagaimana membuat sebuah sistem, strategi dan kebijakan untuk menyeimbangkan biaya, resiko, dan kinerja dari aset untuk mencapai tujuan organisasi. Sehingga diperlukan sebuah framework dan model yang dapat membantu menyelesaikan kasus-kasus konflik kepentingan seperti itu," jelasnya.

Dikatakan Nur Cahyo, pembukaan konsentrasi Manajemen Aset tersebut juga untuk mengiringi diberlakukannya ISO 55000:2014 oleh International Standard Organization karena menganggap pentingnya manajemen aset yang berkualitas. Dan sebentar lagi standar tersebut juga akan diterapkan Badan Standarisasi Nasional (BSN).

"Guna meningkatkan kualitas pembelajaran untuk konsentrasi baru ini, kami pun sudah menjalin hubungan kerjasama dengan Universitas Wollongong, Australia. Bentuk kerjasama yang telah disepakati ialah dilakukannya riset bersama," imbuhnya. (Ratih Keswara)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MTI PPs FTI UII Buka Konsentrasi Manajemen Aset "

Posting Komentar