Peduli Korban Bencana Yogya, SKPI Salurkan Ribuan Paket Sembako


Yogya (KMP) – Bencana tanah longsor dan banjir yang melanda kawasan Yogyakarta beberapa hari terakhir mengundang keprihatinan banyak pihak. Bencana yang juga menelan korban jiwa menggugah masyarakat untuk andil dengan memberikan bantuan bagi para korban.

Seperti yang dilakukan Syarikat Kebangkitan Pemuda Islam (SKPI). Kamis (20/11/2017), SKPI menyerahkan bantuan berupa ratusan paket sembaku untuk korban tanah longsor di kawasaan Tegalpanggung, Danurejan, Kota Yogyakara.

“Hari ini ada ratusan paket sembako yang kami serahkan untuk membantu meringankan beban para korban. Umumnya yang kami berikan adalah makan-makan yang siap saji termasuk juga ada uang tunai,” kata Fauzan Rachmansyah, ketua SKPI di sela penyeraahan bantuan di Posko Penanganan Bencana Juminahan, Kamis.

Ia menjelaskan, penyerahan bantuan telah dilakukan sejak kemarin. Dimulai dari Kulonprogo, bantuan kemudian diserahkan untuk warga yang terdampak banjir di kawasan Gunungkidul, sebelum akhirnya mendatangi korban bencana di Kabupaten Bantul.


“Secara keseluruhan ada ribuan paket yang sudah kami serahkan untuk membantu para korban, baik di Kulonprogo, Gunungkidul, Bantul, dan kemudian di Kota Yogyakarta,” jelasnya.

Menurut fauzan, bencana yang terjadi di Yogyakarta menumbulkan keprihatinan karena cukup banyak warga yang terdampak. Namun di sisi lain ia mengimbau warga terdampak agar tidak terburu-buru kembali ke kediaman sebelum situasi dinyatakan aman.

“Saya juga mau berterima kasih kepada para relawan yang sudah dengan semangat membantu para korban. Tapi juga diingatkan agar tidak hanya fokus membantu, melainkan juga menjaga kesehatan. Jangan sampai malah jadi sakit,” katanya.

Ia menambahkan, proses berikutnya pasca bencana adalah recovery setelah cuaca membaik. Hal itu menjadi pekerjaan rumah semua pihak. Karenanya ia mengajak masyarakat baik organisasi, instansi, perusaahaan atau pun lainnya untuk turut bergotong royong membantu saudaranya yang tengah dilanda musibah.

“Harapannya tentu saja semua bisa normal kembali. Nelayan bisa kembali melaut, anak-anak bisa kembali sekolah, dan semuanya berjalan normal lagi. Kalau bantuan, masih sangat-sangat diperlukan,” tambahnya.

Ayuk salah satu warga terdaampak longsor di Juminahan mengaku senang mendapat bantuan. Longsor, kata dia, membuat keluarganya yang berjumlah empat orang terpaksa harus mengungsi. “Sebenarnya masih bisa ditempati, tapi terlalu berbahaya,” ucapnya. KMP2 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peduli Korban Bencana Yogya, SKPI Salurkan Ribuan Paket Sembako"

Posting Komentar