PLN Gandeng Kejati DIY Amankan Suplai Listrik Bandara Baru


Yogya (KMP) – PT PLN UIP Jawa Bagian Tengah (JBT) II menggendeng Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY guna mengamankan suplai listrik bandara baru. Kesepakatan PLN-Kejati DDIY ditandatangani GM PT PLN UIP JBT II Amihwaruddin dan Kajati DIY Sri Harijati P SH MM, Jumat (24/11/2017) di Aula Kejati.

Amir Rosidin, Direktur Bisnis PLN Regional JBT mengatakan, ada beberapa proyek yang akan dilaksanakan di beberapa lokasi dan seluruhnya terkait bandara baru di Kulonprogo. Salah satunya proyek Light Rail Transit (LRT) yang akan menghubungkan Yogyakarta dengan bandara baru.

“PLN support jalur LRT dari bandara ke Yogya. Jalur itu akan membutuhkan banyak suplai listrik agar bisa berjalan baik. kalau nilai proyeknya sendiri lumayan besar, antara Rp1-2 triliun,” ucap Amir, Jumat.


Amir menjelaskan, melalui jalinan kerja sama dengan Kejati DIY, diharapkan proses pembebasan lahan, pembangunan transmisi dan gardu induk bisa berjaalan dengan lancar. Amir mengakui, saat ini pembebasan lahan masih menjadi isu krusial. Karena itu, PLN ingin agar pembebasan lahan bisa segera diselesaikan.

“Kalau lahannya tiak selesai, maka transmisinya tidak bisa berdiri. Sekarang kami masih melakukan survei dan pendataan. Kami mendata lokasi tower dan lain-lainnya. Kami berharap tidak ada masalah saat pembebasan lahan karena sekarang sudah berdasarkan penilaian dari appraisal, bukan lagi NJOP,” jelasnya.

Kajati DIY Sri Harijati P SH MM mengatakan, Kejaati berkomitmen tidak hanya memberikan pendampingan terhadap proyek strategis nasional, melainkan juga mengawal dan menyukseskan proyek tersebut. Termasuk proyek yang akan dikerjakan PLN berkaitan dengan megaproyek bandara Kulonprogo.

“Kami akan mengawal proyek-proyek PLN di DIY, khususnya pembangunan transmisi dan gardu induk untuk kebutuhan bandara. Persoalan lain yang masih belum terselesaikan juga akan coba kami bantu melalui TP4D,” katanya. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PLN Gandeng Kejati DIY Amankan Suplai Listrik Bandara Baru"

Posting Komentar