PTN-PTS Wajib Sinergi Tingkatkan Daya Saing Bangsa


Yogya (KMP) - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengimbau agar perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) bisa bersinergi. Sinergi tersebut dibutuhkan demi meningkatkan daya saing bangsa.

Hal tersebut disampaikan Menristekdikti saat membuka acara Rapat Kerja Badan Kerjasama (BKS) PTN-Kopertis Jawa Tengah dan Yogyakarta di Hotel Melia Purosani, Jumat (10/11/2017) malam. Dikatakan Nasir, sinergi dapat dibangun dalam bidang riset, publikasi, magang dosen, pengabdian kepada masyarakat, program kreativitas mahasiswa, inkubator inovasi, pendidikan anti korupsi, dan gerakan anti radikalisme.

"Banyak peluang kerjasama yang dapat dibangun antara PTN dan PTS. Sinergi akan meningkatkan mutu perguruan tinggi secara lebih merata, muaranya adalah meningkatnya daya saing bangsa. PTN dan PTS itu sama, bedanya hanya sumber dana pengelolaan. PTS dengan akreditasi A sama nilainya dengan PTN dengan akreditasi A," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Nasir pun memberikan apresiasi atas perkembangan positif kualitas perguruan tinggi di Yogyakarta dan Jawa Tengah. “Yogyakarta memiliki 3 PTN dengan akreditasi A dan ada 5 PTS dengan akreditasi A. Sedangkan di Jawa Tengah ada 4 PTN dengan akreditasi A dan 4 PTS dengan akreditasi A," jelas Nasir.

Rektor UPN Prof Ir Sari Bahagiarti mengatakan, rapat Kerja BKS PTN-Kopertis Jawa Tengah dan DIY diharapkan dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang akan meningkatkan kualitas pengelolaan PTN di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Kualitas yang diharapkan bisa meliputi semua status perguruan tinggi, baik universitas, institut, sekolah tinggi, maupun politeknik.

"Sehingga pada muaranya akan dapat menjadikan PTN dibawah BKS PTN-Kopertis Jawa Tengah dan DIY menjadi lebih berkualitas, dipercaya oleh masyarakat, serta mampu bersaing dalam kancah internasional. Kami selaku panitia yang ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja BKS kali ini berharap kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik," imbuhnya.

Ketua Badan Kerja Sama Perguruan Tinggu Negeri-Kopertis Jateng-DIY Prof Dr Fathur Rochman MHum dalam laporannya menyampaikan, BKS Jawa Tengah dan Yogyakarta beranggotakan 23 PTN dan 2 Kopertis. BKS tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kemampuan pengelolaan kelembagaan PTN dan Kopertis di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Perguruan Tinggi dengan mutu baik dan akreditasi A akan memberikan pendampingan kepada perguruan tinggi lainnya, sehingga mampu mencapai akreditasi yang lebih baik," ujarnya. (Ratih Keswara)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PTN-PTS Wajib Sinergi Tingkatkan Daya Saing Bangsa "

Posting Komentar