Punya Potensi Besar, UPY Dorong Penelitian Dosen Pemula


Bantul (KMP) - Komitmen Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian para dosennya makin menguat. Hal tersebut didukung pula makin tingginya potensi penelitian para dosen mudanya.

"Kami lihat potensi penelitian dosen muda kami cukup besar. Karena itu, kami juga sedang mendorong makin banyak dosen muda kami yang menyerahkan proposal penelitian, khususnya untuk penelitian yang didanai Kemeristekdikti," ujar Kepala Pusat Penelitian LPPM UPY Padrul Jana MSc, Rabu (29/11/2017) di kampus setempat.

Di sela pelaksanaan Pelatihan Penulisan Proposal dan Dana Hibah dari Kemenristekdikti, Padrul menuturkan, potensi penelitian dosen muda yang besar tersebut tampak dari jumlah proposal penelitian yang lolos untuk pendanaan Kemenristekdikti 2017. Terdapat 14 penelitian dosen pemula dari 17 penelitian dosen UPY yang lolos didanai.

"Karena itu kami merasa perlu terus memotivasi para dosen UPY untuk mau terus melakukan penelitian. Untuk penelitian dosen pemula, dana yang dapatkan pun cukup besar yakni sekitar Rp20juta tiap penelitian. Tinggal bagaimana memotivasi para dosen untuk tetap mau melakukan penelitian," imbuhnya.

Dalam pelatihan penulisan kali ini, dikatakan Padrul, berbagai informasi pun diberikan, termasuk skema-skema pendanaan yang ada di Kemenriatekdikti. Selain itu, langkah-langkah menulis proposal yang baik dan benar, serta trik dan tips agar proposal penelitian bisa lolos pendanaan juga diberikan.

"Coaching clinic pun kami adakah yang dipandu dosen-dosen yang sudah pengalaman, dengan tujuan mengoreksi proposal para dosen apakah sudah layak. Kami pun menargetkan setelah ini akan banyak dosen yang mengajukan proposal, baik dosen muda maupun dosen senior, utamanya untuk pengajuan penelitian di 2018 dengan pendanaan 2019," paparnya.

Padrul mengungkapkan, tahun 2017 ini sudah ada 30 proposal penelitian dari UPY yang diajukan ke Kemenristekdikti. Ia pun berharap setidaknya 80% dari proposal tersebut bisa lolos pendanaan 2018 mendatang. Untuk tema-tema penelitian sendiri, diakuinya mayoritas dosen mengangkat tentang kependidikan.

"Karena kami sendiri universitas kependidikan jadi tema penelitian yang paling banyak tentu soal pendidikan. Seperti pengembangan modul, lembar kerja siswa, pengembangan bahan ajar atau penerapan metode pembelajaran. Tapi ada juga tema lain seperti penelitian produk terapan ataupun sosial humaniora yang diajukan oleh para dosen senior," ungkapnya. (Ratih Keswara)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Punya Potensi Besar, UPY Dorong Penelitian Dosen Pemula "

Posting Komentar