Ribuan Taekwondoin Ikut Kejuaraan Taekwondo Piala Raja


Yogya (KMP) – Tak kurang dari 1.485 atlet taekwondo dipastikan ambil bagian dalam Duta Wacana Christian University (DWCU) Open Taekwondo International Invitation Championship 2017, Minggu (19/11/2017) mendatang di GOR UNY Yogyakarta.

Peserta berasal dari 12 provinsi di Indonesia dan lima negara asing, antara lain Malaysia, Singapura, China Taipei, Saudi Arabia, dan Australia. Peserta yang terbagi dalam 123 tim akan memperebutkan ‘Piala Raja’ Yogyakarta.

“Ini kegiatan internasional pertama kami. Meski begitu, responsnya cukup luar biasa. Tercatat ada 1.485 atlet yang akan mengikuti kejuaraan yang berasal dari 12 provinsi dan lima negara,” ucap Joko Purwadi, Ketua Pelaksana kegiatan, sebagaimana dikutip CendanaNews.com.

Menurut Joko, kegiatan ini menjadi sarana membangun hubungan baik dengan dunia internasional. Selain itu, DWCU Open Taekwondo International Invitation Championship diharapkan menajadi sarana bagi Pengurus Besar (PB) Taekwondo Indonesia (TI) untuk mencari bibit unggul.

“Harapan kami, atlet yang memiliki kualitas mumpuni bisa mendapat pembinaan lebih lanjut untuk mewakili daerahnya maupun mewakili Indonesia di ajang internasional. Melalui ajang ini atlet juga diharapkan dapat mengasah kemampuan teknik serta melatih mental para atlet,” katanya.

Ferdiansyah selaku technical delegate mengatakan, kejuaraan taekwondo internasional yang digagas Duta Wacana merupakan kejuaraan besar pertama yang akan menggunakan 10 arena. PBTI, kata dia, menyambut positif kegiatan yang menjadi kegiatan internasional pertama dalam 10 tahun terakhir.

Ia mengatakan, selain menjadi event pertama yang menggunakan 10 arena, DWCU Open Taekwondo International Invitation Championship juga menjadi event pertama dengan wasit terbanyak. Secara keseluruhan, event yang akan berlangsung selama satu hari melibatkan 87 wasit, 10 di antaranya berasald ari luar negeri.

“Jadi pada kejuaraan ini, selain membina atletnya PBTI sekaligus juga membina wasitnya. Ini menjadi event pertama yang memakai wasit paling banyak. Kami rasa ini sangat positif dan kami terus mengawal mulai persiapan sampai nanti evaluasi setelah event selesai digelar,” kata pria yang juga menjabat Kabid Perwasitan PBTI.

Ferdiansyah menambahkan, ke depan pihaknya akan mengusulkan agar event yang digagas UKDW bisa masuk dalam agena rutin PBTI. “Kami berharap masuk kalender rutin PBTI. Kami akan usulkan setelah evaluasi dilakukan,” tambahnya.

Budi Setiadi Ibrahim, panitia kegiatan menambahkan, taekwondo dipilih karena cabor ini menjadi salah satu cabpr unggulan UKDW. Di mana setiap 1-2 tahun sekali, UKDW selalu mengirimkan atlet untuk bertanding di luar negeri. “Prestasi yang diraih UKM taekwondo UKDW sejauh ini cukup baik,” tambannya. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ribuan Taekwondoin Ikut Kejuaraan Taekwondo Piala Raja"

Posting Komentar