UKDW Soroti Perubahan yang Mengganggu Kehidupan Masyarakat


Yogya (KMP) - Perkembangan dunia dan masyarakatnya juga telah melahirkan berbagai perubahan, termasuk perubahan yang dikategorikan menganggu. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) pun ikut menyoroti berbagai perubahan yang terjadi dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat di Indonesia.

"Kita tahu sepanjang tahun ini berbagai peristiwa penting telah terjadi Indonesia dan berbagai negara di dunia. Salah satu fenomena yang di paling banyak disorot saat ini adalah terjadinya disruptive change atau perubahan yang mengganggu di berbagai sektor kehidupan. Salah satunya terkait digital revolution," ujar Rektor UKDW Ir Henry Feriadi MSc PhD, Sabtu (25/11).

Pada upacara wisuda periode November 2017 di kampus setempat, Henry menuturkan, tidak pernah terbayangkan sebelumnya bagaimana digital revolution telah berlangsung dengan sangat cepat dan menjungkirbalikkan tatanan bisnis yang telah mapan dan nyaman puluhan tahun. Mall dan toko besar retail digerogoti 'online shopping', taksi konvensional dan angkutan kota bersaing sengit dengan ojek online, atau bank yang harus berpikir ulang akan operasional kantor cabang dan profesi teller karena nasabah kini lebih memilih 'online banking'.

"Fenomena perubahan yang mengganggu ini adalah contoh bagaimana dunia saat ini sedang berubah cepat ke arah yang seringkali tidak dapat diprediksikan sebelumnya. Cepat atau lambat perubahan yang mengganggu ini pasti membawa pengaruh positif ataukah negatif pada masa depan profesi kita masing-masing," paparnya.

Menurut Henry, perlu adanya pencermatan dan antisipasi sungguh-sungguh terkait berbagai profesi dan industri yang punya kemungkinan akan digoncang digital innovation yang sedang dan akan terus terjadi. "Sikap yang terbuka, siap bekerja sama, tidak mudah putus asa dan mau belajar mengembangkan diri adalah sikap-sikap hidup yang penting untuk mengatasi gelombang tsunami perubahan ini," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Henry pun mengumumkan prestasi UKDW yang telah berhasil meraih akreditasi institusi A. Diungkapkannya, tujuan dan harapan mulia yang diemban oleh UKDW adalah setiap wisudawan yang telah menyelesaikan proses pendidikan, mampu menemukan dan mengembangkan potensi diri seutuhnya serta mengalami transformasi hidup menjadi pribadi yang unggul dan terpercaya.

"Inilah visi yang senantiasa diperjuangkan oleh civitas akademika UKDW, yakni menjadi universitas Kristen yang unggul dan terpercaya yang melahirkan generasi profesional mandiri bagi dunia pluralistik berdasarkan kasih. Dan harapan UKDW menjadi universitas yang unggul setidaknya sudah mulai nyata dengan akreditasi institusi A dari BAN-PT," katanya.

Pada wisuda kali ini, UKDW meluluskan 233  wisudawan S1, 22 wisudawan S2 dan satu wisudawan S3 atau total 256 wisudawan. Wisudawan yang lulus dengan predikat cumlaude berjumlah 59 orang. (Ratih Keswara)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UKDW Soroti Perubahan yang Mengganggu Kehidupan Masyarakat "

Posting Komentar