Ada Dugaan Korupsi di Bank BUMN, Kejati DIY Turun Tangan


YOGYA (KMP) – Di tengah prioritas melakukan pencegahan korupsi, Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY tetap tak meninggalkan pendekatan represif. Buktinya, satu kasus dugaan korupsi pada salah satu bank pemerintah tengah ditangani Kejati DIY.

"Kami sedan menangani satu kasus pada perbankan. Indikasinya tindak pidana korupsi," kata Wakil Kepala Kejati DIY, Dr Mukri, di kantor Kejati DIY, Jumat (8/12/2017).

Menurut Wakajati, dugaan korupsi pada bank pelat merah sudah naik ke tahap penyidikan sejak dua pekan lalu. sedangkan proses penyelidikannya sudah berjalan dua bulan terakhir. Meski begitu, ia mengaku belum bisa memberikan detil kerugian yang ditimbulkan karena masih dikalkulasi.

Sementara Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati DIY, Azwar menjelaskan, kasus yang terjadi pada salah satu bank pemerintah adalah fasilitas kredit kepemilikan gedung. Senada dengan Wakajati, Azwar memastikan kasus itu sudah mulai diselidik dua bulan terakhir.

Berdasar hasil gelar perkara, kata Azwar, ditemukan alat bukti yang cukup untuk menaikkan proses hukum ke tahap penyidikan. "Dua pekan ini sudah masuk penyidikan," katanya. 

Azwar menjelaskan, modus yang dilakukan sesuai temuan tim penyidik adalah pihak perbankan melakukan transaksi kredit kepemilikan gedung senilai sekitar Rp12 miliar pada tahun 2015. Berdasar bukti-bukti yang ditemukan penyidik, agunan yang dipakai nilainya lebih kecil dari uang kredit yang dicairkan.

Selain itu, pada perkembangannya, proses kredit tersebut macet di tengah jalan. Meski demikian, Kejati DIY belum menetapkan tersangka dalam kasus ini. "Sementara itu, ada indikasi korupsi, nanti masih kita dalami. Sudah ada 10 saksi yang diperiksa, baik dari pihak bank maupun saksi,” terangnya.

Terkait kemungkinan memanggil saksi lain dari Bank Indonesia (BI), Azwar mengaku sangat mungkin dilakukan saat membutuhkan keterangan ahli. Bahkan tidak hanya BI, pihaknya juga akan meminta keterangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). KMP2



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ada Dugaan Korupsi di Bank BUMN, Kejati DIY Turun Tangan"

Posting Komentar