Asik, Anak Pinggiran Diajak Piknik ke GL Zoo


YOGYA (KMP) - Yayasan Realino Seksi Pengabdian Masyarakat Yogyakarta mengajak puluhan anak binaannya dari Komunitas Perkampungan Sosial Pingit (PSP) dan Kelompok Belajar Ceria Bongsuwong untuk berwisata ke Gembira Loka Zoo (GL Zoo), Sabtu (16/12/2017).

Ketua Realino Seksi Pengabdian Masyarakat setempat, Romo Yohanes Adrianto Dwi Mulyono SJ, menjelaskan tujuan wisata ke GL Zoo dimaksudkan untuk mengenalkan anak-anak pada satwa koleksi kebun binatang setempat.

“Mereka yang baru saja terima rapor ini kami ajak berlibur dengan cara yang edukatif,” katanya di sela-sela mendampingi anak-anak SD binaan.


Ia mengatakan, anak-anak binaannya berasal dari keluarga yang tinggal di wilayah pinggiran, seperti anak pedagang asongan, keluarga tuna wisma, pengemis jalanan, pengamen, dan bahkan anak dari pekerja seks komersial (PSK) Bongsuwong.

Di GL Zoo, anak-anak dari keluarga tidak mampu ini tampak ceria karena berkesampatan menikmati perahu katamaran yang mengelilingi danau buatan Mayangtirta. Selain itu, mereka juga menyaksikan feeding time ular memangsa ayam makanannya di zona reptil dan amphibi.

Mereka juga menyaksikan dan berinteraksi dengan burung-burung cantik di taman burung kebun binatang setempat. Clara Satita, salah seorang volunteer pendampingnya mengaku, mendampingi anak-anak pinggiran tersebut merupakan hal yang luar biasa.

“Mereka kan bukan dari keluarga biasa. Kesehariannya yang mereka hadapi bukan dunia kanak-kanak,” sebut mahasiswi akhir Fakultas Hukum UGM ini. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asik, Anak Pinggiran Diajak Piknik ke GL Zoo"

Posting Komentar