Festical FTI UII, Pamerkan Karya Pemenang Lomba Kaligrafi


SLEMAN (KMP) - Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) telah menggelar Festival Calligraphy (Festical) 2017. Festival yang merupakan rangkaian kegiatan berbasis Islami tersebut diselenggarakan sebagai acara seni kreativitas.

"Acara sendiri sudah kami selenggarakan pada 13 Desember 2017 lalu. Dan saat ini baru kami pamerkan karya-karya para pemenang lomba kaligrafinya. Festical ini adalah yang pertama kalinya digelar, namun kami berharap bisa menjadi ajang tahunan dari FTI UII," ujar Ketua Panitia Festical 2017 Andhika Giri Persada SKom MEng, Jumat (15/12/2017).

Kepada wartawan di sela pameran hasil karya peserta lomba kaligrafi di kampus setempat, Andhika menuturkan, Festical diadakan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa maupun masyarakat umum untuk berkreasi menggunakan media kaligrafi. Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk mendorong rasa percaya pesertanya untuk memamerkan hasil karya mereka.

"Secara umum, konsep acara Festical sendiri berbeda dengan kegiatan sejenis lainnya. Misalnya saja pada penentuan juara, kami bukan merangking juara satu sampai tiga, tapi menilai mana kaligrafi yang paling baik dan benar. Perlombaan pun lebih bebas, jika biasanya ayat yang akan ditulis sudah ditentukan, kami justru membebaskan peserta memilihnya. Karena itu ada kriteria penilaian ketepatan huruf dan tulisan," jelasnya.

Pada lomba kaligrafi, peserta pun bebas memilih dari tiga tema yang telah ditentukan, yakni ukhuwah, keilmuan dan tema alam. Masing-masing tema dipilih yang terbaik. Dan nama pemenangnya ialah tema ukhuwah diperoleh Felasufa Alma Noor, tema keilmuan oleh Iqbal Maulana dari Fakultas Ilmu Agama Islam UII, tema lingkungan Maila Ariya dari MA Ali Maksum.

"Untuk pemenang harapan 1 ada Muhammad Fathunnalah dari pondok pesantren Fadhlun Minalloh dan harapan 2 Fahrurilikhsan dari Sanggar Kalam. Semoga kami bisa melanjutkan kegiatan ini menjadi kegiatan rutin," imbuhnya. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Festical FTI UII, Pamerkan Karya Pemenang Lomba Kaligrafi"

Posting Komentar