Horison Ultima Riss dan @HOM Berdamai dengan PT Nonbar


YOGYA (KMP) – Perselisihan antara PT Nonbar/ PT Inter Sport Marketing (ISM) dengan manajemen  Hotel Horison Ultima Riss dan @HOM Hotel Yogyakarta resmi berakhir. Senin (18/12/2017) kedua pihak sepakat berdamai setelah dilakukan proses mediasi.

Dari pihak hotel, mediasi dihadiri Arief Aar selaku General Manager (GM) Horison Ultima Riss dan Joyce Rumengan selaku GM @HOME. “Semuanya sepakat, antara Horison Ultima Riss dan @HOME tidak ada lagi permasalah hukum dengan PT Nonbar/PT ISM,” ucap Regional Director PT Nonbar sekaligus PT ISM, Tubagus Aria, Selasa (19/12/2017) petang.

Aria mengatakan, menyusul tercapainya kesepakatan perdamaian maka PT Nonbar secara resmi telah mencabut laporan pidana di Polda DIY. “Selain laporan pidana, kita hentikan juga gugatan perdatanya,” tegas Aria.

Ia menjelaskan, kesepakatan perdamaian tercapai menyusul fakta bahwa legal standing PT Nonbar dan PT ISM selaku FIFA pemegang lisensi hak siaran Piala Dunia 2014, telah teruji baik di ranah pidana maupun perdata. Hal ini menjadi rujukan kedua hotel untuk bermediasi. 

Aria menambahkan, pihaknya masih membuka pintu perdamaian bagi hotel lain yang telah digugat secara perdata maupun laporan pidana. ”Kami masih membuka pintu bagi yang lain. Mari duduk satu meja guna melakukan mediasi daripada harus bertemu di jalur litigasi,” ajaknya.

Sebelumnya, PT Nonbar/PT ISM melayangkan ratusan somasi, melaporkan hingga menggugat hotel-hotel yang ada di DIY, Jawa Tengah, Bali dan Lombok terkait dugaan pelanggaran hak cipta dalam penggunaan konten tayangan siaran Piala Dunia 2014 Brasil.

Hotel-hotel yang disomasi, dilaporkan dan digugat telah menggunakan konten siaran Piala Dunia 2014 tanpa seizin dari PT Nonbar/PT ISM selaku pemegang ekslusif konten tayangan siaran Piala Dunia Brasil di Indonesia.

GM Horison Ultima Riss Yogyakarta, Arief Aar mengaku lega karena perselisihan dengan PT Nonbar berakhir. Menurutnya, selesainya perselisihan ini karena pihaknya memilih beritikad baik dan tidak ingin memperpanjang masalah yang dapat mengganggu kinerja dan operasional hotel.

“Itikad baik kami diterima, kami saling memahami dan sepakat berdamai tanpa ada yang dirugikan. Kesepakatan perdamaian dicapai Senin (18/12/2017). Selasa siang kami bersama-sama ke Polda DIY untuk mencabut berkas laporan,” kata Aar.

Aar menjelaskan, persoalan ini menjadi pelajaran berharga. Ke depan, ia memasikan pihaknya akan lebih waspada dan lebih banyak belajar terutama berkaitan dengan hak cipta yang dimiliki pihak lain. “Prosesnya memang agak lama karena sebelumnya dari pihak kami sendiri belum ada tindak lanjut. Komunikasi juga tidak berjalan baik. Tapi sekarang semuanya semuah selesai,” pungkasnya. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Horison Ultima Riss dan @HOM Berdamai dengan PT Nonbar"

Posting Komentar