Jokowi: Jumlah Pohon yang Ditanam Harus Riil



GUNUNGKIDUL (KMP) - Presiden Joko Widodo menghadiri acara peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMP) 2017. Usai melakukan penanaman pohon Jati sendiri di perbukitan karst di Desa Karang Asem, Kecamatan Ponjong, Gunungkidul, Jokowi memberikan arahannya.

"Kalau soal menanam pohon, saya mau data riil saja berapa jumlahnya. Tidak usah bilang menanam satu juta pohon atau satu miliar pohon. Kalau benar semua ditanam, mungkin sampai laut kita semua ada pohonnya. Yang riil saja, 45.000 pohon misalnya," ungkapnya saat memberikan arahan di depan warga, Sabtu (9/12/2017).

Jokowi pun mengungkapkan apresiasinya terhadap komunitas dan perusahaan yang telah bekerja keras ikut menghijaukan kawasan kritis di Indonesia. Baginya, pembangunan hutan diharapkan fokus pada hutan yang bisa memberikan manfaat. Tidak hanya berupa kayu, tapi juga harus bisa menjadi sumber pangan, sumber obat-obatan dan buah-buahan.

"Kalau dilakukan dengan serius, ini bukan sesuatu yang sulit. Dan yang perlu diingat, jangan hanya pintar menanam, tapi juga harus bisa memelihara. Kalau pohon yang sudah ditanam dikelola dengan baik, tentu bisa mendatangkan penghasilan yang banyak bagi warga," tegasnya.

Jokowi pun mengungkapkan harapannya terkait lahan di Gunungkidul untuk bisa menjadi hijau semua dan menjadi berkah bagi warganya, bukan jadi sumber bencana.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar yang turut hadir mengatakan, pihaknya bersyukur dengan makin tingginya dukungan dan partisipasi masyarakat terhadap kegiatan menanam pohon. Hal itu terbukti dari tahun ke tahun gerakan masyarakat menanam pohon terus meningkat.

"Seperti kegiatan hari ini muncul dari usulan masyarakat. Sekitar 3.000 warga bersama Presiden melakukan penanaman serentak di lima bukit di sini. Acara ini juga untuk memotivasi masyarakat yang lain untuk mau menanam pohon," ungkapnya.

Siti mengatakan, pemerintah, terutama KLKH juga terus bekerja sama dan mendorong berbagai pihak untuk ikut dalam gerakan menanam tersebut. Ia pun senang gerakan menanam pohon juga bermunculan dari masyarakat, bahkan dalam bentuk komunitas-komunitas. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jokowi: Jumlah Pohon yang Ditanam Harus Riil"

Posting Komentar