Kursus Lisensi C AFC Diikuti 24 Pelatih


YOGYA (KMP) – Sebanyak 24 pelatih sepakbola mengikuti kursus lisensi C AFC yang digelar Asprov PSSI DIY. Dari jumlah itu, 21 di antaranya merupakan pelatih kkub sepak bola di DIY termasuk mantan pemain Timnas Indonesia.

Ketua Umum Asprov PSSI DIY, Bambang Giri Dwi Kuncoro mengatakan, kursus lisensi C AFC sangat penting untuk mendukung perkembangan sepakbola, khususnya di DIY. Menurutnya kursus ini digelar seiring tingginya tuntutan pelatih di Indonesia.

"Sekarang ini sepakbola bukan hanya soal pemain yang mahir bermain bola, tapi juga membentuk karakter pemain," ucap Bambang, Senin (18/12/2017).

Menurut Bambang, peran pelatih sangat krusial dalam sepa bola masa kini. Terutama untuk meningkatkan kualitas dan prestasi pesepakbola profesional. "Seiring bertambahnya waktu, tuntutan pelatih semakin besar. Tidak melulu hanya bisa bermain bola," katanya.

Direktur Teknik PSSI, Danurwindo mengatakan, saat ini perkembangan sepak bola pesat, khususnya di tingkatan internasional. Sehingga mau tidak mau sepak bola nasional harus mengikuti.

"Untuk pesepakbola, memang dituntut memiliki skill yang mumpuni, harus mampu berkembang. Tapi bukan itu saja, dalam sepak bola juga dibutuhkan kecerdasan dari pemain itu sendiri," katanya.

Menurutnya dewasa ini PSSI menyadari sepak bola tanah air bukan lagi melulu soal pemain yang bagus secara teknik. Namun juga cerdas dan bisa menjalankan strategi yang baik saat berada di lapangan.

"Dulu, pemain yang punya skill yang cukup bagus bisa bermain di klub bahkan ikut timnas. Karena dulu yang penting kaki dulu baru kepala, dapat bola dulu, gocek dulu, baru dipikirkan mau kemana bola dibawa. Sekarang harus dibalik, pemain harus sudah punya strategi mau kemana kalau sudah dapat bola," ujarnya.

Danur menjelaskan di sinilah dibutuhkan peran pelatih. Namun hal ini tidak akan tercapai bila tidak didukung dengan kemampuan pelatih yang baik.

"Untuk itu, perlu adanya kursus lisensi seperti ini. Tapi tidak hanya sampai di sini, pelatih yang sudah mendapatkan lisensi, semestinya terus mengasah pengetahuannya," pungkasnya.

Kursus lisensi C AFC sendiri akana berlangsung hingga 30 Desember. Materi yang diberikan meliputi indoor dan outdoor. KMP2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kursus Lisensi C AFC Diikuti 24 Pelatih"

Posting Komentar