MA Tolak Permohonan PK Ny Ayem


Wartahukum.id – Upaya hukum luar biasa, yakni Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Siek Biek Ngiok alias Ny Ayem ditolak. Penolakan terhadap permohonan Ny Ayem tertuang dalam putusan Nomor 479/PK/Pdt/2017 tertanggal 22 Desember 2017.

Majelis hakim yang terdiri dari H Hamdi SH M.Hum (ketua), Sudrajad Dimyati SH MH, H Panji Widagdo (keduanya anggota) dengan panitera pengganti Arief Sapto Nugroho SH MH, berpendapat bahwa keberatan-keberatan yang diajukan Ny Ayem tidak dapat dibenarkan.

Dalam pertimbangannya, majelis hakim menyatakan bahwa satu bukti baru (novum) yang diajukan Ny Ayem bukan merupakan bukti menentukan dalam perkara a quo, karena bukti tersebut belum mempunyai nilai hukum pembuktian.

Selain itu, obyek sengketa yang ditelah ditentukan statusnya sebagai milik KMTA Tirtodiprojo (Termohon PK) dalam putusaan perkara terdahulu telah berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde) dan telah dieksekusi.

“Mengadili, menolak permohonan peninjauan kembali dari Pemohon peninjauan kembali Ny Siek Biek Ngiok. Menghukum Pemohon peninjauan kembali untuk membayar biaya perkara dalam permohonan peninjauan kembali ini sejumlah Rp2,5 juta,” bunyi amar putusan majelis hakim.

Sebelumnya, Ny Ayem mengajukan permohonan peninjauan kembali terhadap putusan Mahkamah Agung (MA) nomor 2863 K/Pdt/2013 tanggal 16 September 2014 yang telah berkekuatan hukum tetap melawan Termohon PK (KMTA Tirtodiprojo) dan Turut Termohon (BPN Kota Yogya).

Putusan ini menguatkan putusan Pengadilan Negeri No.41/Pdt.G/2012/PN.YK yang telah dikuatkan Pengadilan Tinggi dalam perkara Nomor 20/PDT/2013/PT.Y. Dalam putusan itu disebutkan bahwa kedudukan yuridis atas akta Nomor 72 tentang jual beli tanggal 25 April 1990 dan Akta 73 tentang Surat Kuasa tanggal 25 April 1990, sangat kuat untuk mengabulkan gugatan penggugat (sekarang Termohon PK).

Namun, Ny Ayem bersikukuh bahwa putusan itu tidak dapat dibenarkan. Alasannya, salah satu pihak dalam kedua akta tersebut tidak membubuhkan tanda tangan. Kendati begitu, majelis hakim berpendapat keberatan Ny Ayem tidak dapat diterima.

Sebelumnya, gugatan Praperadilan yang diajukan NY Ayem terhadap Polda DIY juga kandas di PN Sleman. Gugatan dilayangkan karena Ny Ayem tidak terima Polda DIY menghentikan perkara yang sudah kedaluwarsa. Sementara Ayem bersikukuh perkara yang dilaporkan belum kedaluwarsa. KMP2



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MA Tolak Permohonan PK Ny Ayem"

Posting Komentar