Moratorium Diperpanjang, Izin 13 Hotel Batal


YOGYA (KMP) – Moratorium pembangunan hotel baru di Kota Yogyakarta, resmi diperpanjang. Moratorium yang seharusnya berakhir 31 Desember 2017, diperpanjang selama satu tahun dan baru akan berakhir 31 Desember 2018 mendatang.

“Ini adalah perubahan atas Peraturan Wali Kota Nomor 77 tahun 2013 tentang pengendalian pembangunan hotel diperpanjang sampai dengan 31 Desember 2018,” ucap Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, Jumat (15/12/2017) di Balai Kota.

Menurut Haryadi, berdasarkan hasil evaluasi terhadap implementasi Perwal No.77 tahun 2013, Pemkot masih membutuhkan waktu sehingga penghentian izin hotel diperpanjang sampai tahun yang akan datang. Propek usaha daan persaingan usaha perhotelan disebut menjadi bahan pertimbangan.

“Jadi ini bukan soal setahun atau dua tahunnya, tapi soal komitmennya. Dan itu yang lebih penting. Hal-hal yang berkait dengan pola-pola usaha, persaingan usaha, kemudian kami juga perlu konsolidasi sebelum mencabut moratorium,” terangnya.

Ia menjaskan, dari sisi persaingan usaha, hotel bintang 4 dan bintang 5 diminta tidaak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan prinsip-prinsip persaingan usaha. Salah satu contohnya dengan menyewakan satu kamar untuk diisi empat orang.

Haryadi menambahkan, mengapa perpanjangan moratorium dilakukan selama satu tahun? Karena ada konsolidasi perizinan yang harus disepakati. “Kami juga masih menunggu instruksi presiden berkaitan dengan perizinan. Karena nantinya, izin tidak harus datang ke perizinan tapi bisa melalui online,” jelasnya.

Sementara itu, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Kota Yogyakarta, Heri Karyawan mengatakan, dari total 104 izin yang masuk sebelum moratorium diberlakukan tahun 2013, 87 izin telah diterbitkan. Namun dari jumlah itu ada 13 izin hotel yang batal demi hukum.

Izin gugur karena pengembang tidak segera memulai proses pembangunan. “Jadi sejak terbit izin, diberi waktu 6 bulan. Setelah itu diperpanjang 6 bulan dan 6 bulan lagi. Sekarang sudaah 1,5 tahun masih belum dibangun, otomatis gugur demi hukum,” katanya. KMP2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Moratorium Diperpanjang, Izin 13 Hotel Batal"

Posting Komentar