PRODAMAT PPs UAD Latih Kecendekiawanan Mahasiswa


YOGYA (KMP) - Program Pascasarjana UAD krmbali menggelar Program Pemberdayaan Umat (PRODAMAT). Kegiatan yang digelar untuk ketiga kalinya ini diawali dengan kegiatan pembekalan bagi mahasiswa yang menjadi pesertanya yang berjumlah 244 mahasiswa Program Pascasarjana UAD.

Direktur Pascasarjana UAD Dr Achmad Mursyidi MSc Apt dalam kegiatan Pembekalan UAD Peserta PRODAMAT III di kampus setempat, Sabtu (16/12/2017) mengatakan, mahasiswa merupakan unsur penting dalam perubahan yang ada di masyarakat, baik saat masih kuliah maupun setelah berada di dunia kerja. Karena itu, sikap kecendekiawanan sudah selayaknya dipupuk dan dikembangkan pada mahasiswa sejak masih kuliah.

"Sikap kecendekiawanan pada dasarnya merupakan sikap seseorang dalam memberikan respon terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat baik pada lingkungan kecil di dunia kerja, tempat tinggal maupun pada skala yang lebih tingkat nasional dan internasional. Dan sebagai penyelenggara pendidikan yang memiliki visi dengan penekanan pada nilai ke-Islaman, UAD perlu memastikan mahasiswa yang akan terjun dalam masyarakat telah memiliki bekal yang baik sebagai dasar sikap kecendekiawanan," ujarnya.

Menurut Mursyudi, program yang dapat meningkatkan mental spiritual ke-Islaman tersebut menjadi penting dalam menumbuhkan sikap kecendekiawanan. Salah satunya melalui PRODAMAT yang diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan mental spiritual keislaman pada mahasiswa sebagai agen perubahan di masyarakat.

"Program ini juga untuk mendorong mahasiswa untuk memberikan solusi alternatif bagi berbagai permasalahan masyarakat demi peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu juga mendorong mahasiswa menerapkan program-program kreatif dan solutif bagi penyelesaian masalah kemasyarakatan," imbuhnya.

Dikatakan Mursyidi, kegiatan PRODAMAT bertujuan untuk menyediakan alternatif solusi dalam penyelesaian permasalahan masyarakat yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan. Sumber pendanaan PRODAMAT pun semua berasal dari Pascasarjana UAD.

Anggota Badan Pembina Harian UAD M Muchlas Abror pun hadir memberi memberikan pemaparan tentang 'Meneladani Tokoh Muhammadiyah'. Beberapa tokoh Muhammadiyah antara lain, KH Ahmad Dahlan, KH Mas Mansyur, Ki Bagus Hadikusumo, KH Ahmad Badawi, KH AR Fakhruddin dan Buya Syafi'i Ma'arif.

"Banyak pembelajaran yang bisa kita teladani dari para tokoh Muhammadiyah itu. Misalnya saja soal keikhlasan, bagaimana mereka berjuang hanya karena mengharap ridha-Nya. Bukan untuk mencari kedudukan apalagi kekayaan. Dan mereka pun mempraktekkan persamaan dalam keseharian, tidak meninggikan diri. Perbedaan yang ada hanya pada tanggung jawab dan mereka sangat demokratis," imbuhnya.

Sikap lain yang bisa dicontohkan dari para tokoh Muhammadiyah, menurut Muchlas ialah kesederhanaan, rendah hati dan santun, keberanian berjuang dan menderita demi cita-cita, kesabaran, bekerja keras, kreatif, serta kejujuran dan kesungguhan dalam mengemban amanah. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PRODAMAT PPs UAD Latih Kecendekiawanan Mahasiswa"

Posting Komentar