Tren Pembelian Motor Bekas Semakin Meningkat


SLEMAN (KMP) - Tren pembelian motor bekas oleh masyarakat Indonesia dirasa semakin tahun semakin meningkat. Hal tersebut terbukti dengan terus meningkatnya penjualan motor bekas di dealer-dealer penyedianya.

"Mewakili manajemen Adira Finance di otomotif roda dua bekas, tahun ini saja kami menunjukkan angka naik 23% dibanding 2016 secara nasional. Kalau dirupiahkan senilai Rp2,8triliun hanya untuk pembiayaan motor bekas. Di 2018 nanti ditargetkan baik lagi sekitar 20% atau senilai Rp3,5triliun," ungkap Senior Vice President Marketing Adira Finance Sugianto, Sabtu (16/12/2017).

Di sela pelaksanaan Pameran Motor Bekas di Jogja City Mall, Sugianto mengatakan, untuk pembiayaan motor bekas yang dikelola Adira Finance Jateng-DIY sendiri tahun ini naik 20% dibanding tahun lalu. Kenaikan secara nasional tersebut juga menjadi bukti bahwa motor bekas masih menjadi dambaan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi.
"Apalagi kami termasuk yang selalu menjaga kualitas meski motot yang ditawarkan bekas. Jadi cocok dengan kebutuhan masyarakat, motornya berkualitas, tapi dengan harga yabg lebih murah. Ini juga yang ingin kami sosialisasikan ke masyarakat luas lewat pameran motor bekas. Motor boleh bekas, tapi kualitas tetap terjamin," imbuhnya.

Kepala Divisi Motor Bekas Indonesia ini juga menuturkan, melalui pameran tersebut, pihaknya ingin menunjukkan Adira Finance sangat serius menggarap roda dua, khususnya motor bekas. Kondisi perekonomian yang lesu, market otomotif secara keseluruhan yang lesu, tidak boleh mematahkan semangat dealer motor bekas juga.

"Motor baru tahun ini turun 3% dari asumsi 5,9juta unit. Tapi motor bekas justru alami kemajuan. Karena itu tahun depan selain pameran-pameran, pemasaran akan kami lakukan lewat digital marketing untuk meningkatkan penjualan motor bekas. Ada yang lewat momotor.id atau sebelumnya ada momobil.id," paparnya.

Ditambahkan Sugianto, jenis motor yang paling diminati masyarakat selama 2017 adalah motor matic, dimana permintaannya sekitar 80% dari total market. Sedangkan kelas range harga yang diminati pada 6 bulan terakhir berada di harga di bawah Rp15juta. Dan melalui pameran, pihaknya pun ingin market motor bekas semakin meluas, bahkan ke masyarakat kalangan atas.

"Dengan memamerkan 170 unit motor, Adira Finance ingin mempertegas motor bekas juga layak untuk konsumen kelas atas dengan jaminan kualitas tinggi pula. Karena kami ingin masuk ke semua kalangan masyarakat, tak hanya kelas menengah ke bawah saja," imbuhnya. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tren Pembelian Motor Bekas Semakin Meningkat"

Posting Komentar