UMY Gandeng Universitas Taiwan Tingkatkan Kualitas Pendidikan


BANTUL (KMP) - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bekerja sama dengan Asia University, Taiwan guna peningkatan kualitas pendidikannya. Hal tersebut dilakukan dengan alasan Taiwan menjadi salah satu negara di Asia yang memiliki kualitas cukup baik dalam dunia pendidikan.

"Kerjasama kali ini seperti kolaborasi antara UMY dan Asia University untuk saling meningkatkan kualitas. Kami berharap dari kerjasama ini, kedua belah pihak mendapat manfaat yang lebih. Bahkan rencananya kerjasama tidak hanya antar universitas, tapi juga akan merambah hingga kerjasama orang perorang dan mendukung bilateral Indonesia-Taiwan," ujar Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP, Kamis (14/12/2017).

Kepada wartawan saat jumpa pers usai acara penandatanganan MoU dan pembukaan Taiwan Higher Education Fair 2017 di Sportorium UMY, Gunawan menuturkan kerjasama UMY dengan Asia University kali ini merupakan yang pertama. Selanjutnya akan ada berbagai macam program kerjasama, seperti pemberian beasiswa, pendampingan, kursus-kursus, hingga joint research maupun visiting lecture.

"Kami yakin ini bukan MoU tidur, yang setelah ini tidak ada kelanjutannya. Kerjasama ini jelas ada kelanjutannya karena saat ini sudah banyak rencana ktivitas riil yang siap kami kerjakan," tegasnya.

Direktur Kerjasama Internasional Kantor Hubungan Internasional UMY Yordan Gunawan SH Intl MBA MH mengatakan, dari data UNESCO 2016, Indonesia menempati posisi 69 dari 76 negara di dunia dalam hal kualitas pendidikan. Hal tersebut tentu menunjukkan sistem pendidikan di Indonesia masih perlu ditingkatkan.

"Dalam kesempatan ini, UMY melakukan MoU dengan 24 kampus lainnya di Taiwan. Kerjasama kali ini juga sebagai sebuah langkah untuk penerapan sistem double degree. Kamj juga membuka Taiwan Education Center di UMY yang akan menghadirkan perwakilan dari Taiwan Economic and Trading Office, sehingga diharapkan dapat membantu para siswa maupun mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di Taiwan," ungkapnya.

Terkait kegiatan Taiwan Higher Education Fair 2017, Yordan mengungkapkan, kegiatan itu akan berlangsung pada 14-15 Desember 2017 di Sportorium UMY. Kegiatan tersebut merupakan amanah dari Kementerian Pendidikan Taiwan kepada Asia University. Karena Asia University sendiri merupakan partner UMY, maka UMY ditunjuk menjadi co-host dari kegiatan Taiwan Higher Education Fair 2017.

"Taiwan Higher Education Fair 2017 hadir untuk memperkenalkan sistem pendidikan yang ada di Taiwan. Di sela-sela kegiatan juga akan ada public lecture di beberapa fakultas UMY. Semoga kegiatan dan kerjasama ini bermanfaat bagi kita semua," imbuhnya. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UMY Gandeng Universitas Taiwan Tingkatkan Kualitas Pendidikan"

Posting Komentar