UPNVY Terus Berkomitmen Tegakkan 4 Pilar Kebangsaan


SLEMAN (KMP) - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) berupaya makin meneguhkan diri sebagai kampus yang menjunjung tinggi pilar kebangsaan. Hal itu pula yang menjadi fokus dalam peringatan Dies Natalis ke-59 UPNVY tahun ini.

"Tema Dies Natalis ke-59 kami adalah 'Kampus Bela Negara Penegak Empat Pilar Kebangsaan'. Kenapa kami mengangkat tema ini, karena sejak awal kami memang menjadi kampus yang diberi amanat dan akan terus berkomitmen mengembangkan diri sebagai kampus bela negara. Otomatis, segala yang berhubungan dengan empat pilar bangsa Indonesia adalah hal yang kami pegang teguh," ujar Rektor UPNVY Prof Dr Ir Sari Bahagiarti K MSc, Jumat (8/12/2017).

Ditemui di sela rangkaian kegiatan peringatan Dies Natalis UPNVY ke-59 di halaman Rektorat, Sari menuturkan, bela negara merupakan aktualisasi dari empat pilar bangsa Indonesia, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Dan kampus UPNVY sendiri memiliki sejarah panjang dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia karena didirikan oleh para pejuang veteran kemerdekaan.

"Meskipun kami sudah menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), namun kami masih mengemban amanah untuk tetap menjadi universitas yang bercirikan bela negara. Bela negara merupakan kebutuhan semua warga mengingat bela negara sesungguhnya adalah media untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air warga kepada bangsa dan negaranya sendiri," ungkapnya.

Dalam kegiatan Dies Natalies ke-59 ini, Sari menegaskan jika pihaknya ingin keberadaan lembaga-lembaga pendidikan tinggi di Indonesia mampu terus menjadi tempat untuk menempa calon-calon intelektual, generasi penerus dan pemimpin bangsa yang berkualitas serta menjadi penangkal segala bentuk ancaman. Ke depan, UPNVY sendiri berupaya terus berbenah menjadi lebih baik.

"Salah satu program kami saat ini ialah ingin mengubah status kami dari PTN Satuan Kerja (Satker) menjadi PTN Badan Layanan Umum (BLU). Saat ini sedang kami persiapkan pengajuannya. Kami targetkan tahun depan UPNVY sudah bisa berubah menjadi PTN BLU," harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Dies Natalis UPNVY ke-59 Ir Tjukup Martono MT PhD mengatakan, selain sidang senat terbuka, berbagai rangkaian acara diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis UPNVY ke-59. Diantaranya seminar dan lokakarnya nasional, musyawarah nasional ikatan ahli teknik mineral, pekan kewirausahaan mahasiswa, senam bersama dan jalan sehat serta berbagai kegiatan lainnya.

"Pada puncak perayaan Dies Natalis pada 15 Desember 2017 nanti, rencananya Presiden Jokowi akan hadir. Kami memang belum mendapat kepastian, namun menurut rencana Presiden Jokowi juga akan menyampaikan orasi ilimiahnya kepada sivitas akademika di UPNVY," ungkapnya. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UPNVY Terus Berkomitmen Tegakkan 4 Pilar Kebangsaan"

Posting Komentar